Perluas Pencarian 2 Km dari Lokasi Hilang, Nelayan di Sabu Raijua NTT Akhirnya Ditemukan
Evakuasi jenazah Nikolaus Kale yang hilang saat mencari ikan di Sabu Raijua, Jumat 22 Juli. (ANTARA/HO-Basarnas Kupang)

Bagikan:

NTT - Tim SAR menemukan jenazah Nikolaus Kale (42), nelayan Desa Lobohede, Kecamatan Haumehara, Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang dinyatakan hilang sejak dua hari lalu saat mencari ikan di perairan setempat.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang I Putu Sudayana mengatakan, tim SAR gabungan angsung diterjunkan melakukan pencarian sejak korban dilaporkan hilang.

"Tim SAR dari Kantor Basarnas Kupang sebanyak empat orang dipimpin Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang Saidar Rahmanjaya langsung digerakkan ke Sabu Raijua pada Rabu 20 Juli malam untuk melakukan upaya pencarian terhadap korban," kata dia.

Nikolaus menjelaskan, pada hari pertama pencarian pada Kamis 21 Juli, SAR gabungan dibagi menjadi dua tim melakukan pencarian sepanjang Pantai Lobohede.

Satu tim SAR melakukan penyisiran sepanjang dua kilometer arah barat dan dua kilometer arah timur Desa Lobohede.

Sedangkan tim SAR gabungan lainnya melakukan pencarian di sekitar lokasi korban dilaporkan hilang.

Ia menuturkan, dalam pencarian Kamis 21 Juli yang juga dihadiri Wakil Bupati Sabu Raijua Yohanis Ully Kale dan Ketua DPRD Sabu Raijua Paulus Rabe Tuka, pencarian belum membuahkan hasil hingga pukul 18.00 Wita.

Dia mengatakan dalam operasi SAR hari ketiga, Jumat 2 Juli pagi, Nikolas Kale akhirnya ditemukan. Namun, dalam kondisi sudah tidak bernyawa.

"Setelah ditemukan tim SAR langsung menyerahkan korban kepada pihak keluarga," tandasnya.