Bagikan:

JAYAPURA - Kelompok separatis teroris (KST) melakukan pembunuhan terhadap warga sipil di kawasan pertambangan yang ada di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua

Komandan Korem 172/PWY, Brigadir Jenderal TNI JO Sembiring mengatakan korban bernama Azis dibunuh pada Selasa 19 Juli waktu setempat.

"Memang ada laporan KST membunuh seorang warga sipil di lokasi penambangan yang ada di Kampung Kawe, Distrik Awimbon, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua," kata dia di Jayapura, Papua, dikutip dari Antara, Rabu 20 Juli.

Sembiring menyebutkan lokasi penambangan yang dikelola warga setempat itu tidak memiliki petugas keamanan. Untuk mencapai lokasi, transportasi yang dapat digunakan hanya helikopter.

Berdasarkan laporan yang diterimanya, Sembiring mengatakan helikopter itu hanya bisa diakses dari Tanah Merah, Kabupaten Boven Digoel.

"Saya sendiri belum pernah ke lokasi tersebut," kata dia.

Dia menambahkan, karena sering terjadi pembunuhan di lokasi penambangan maka jajarannya akan menggandeng Pemda Kabupaten Pegunungan Bintang. Dia bilang, pihaknya akan mendata jumlah warga yang melakukan penambangan.

Terkait isu warga sipil yang dibunuh adalah aparat keamanan, Sembiring membantahnya. Dia menegaskan, korban adalah warga sipil yang mencari makan di kawasan penambangan.

"Tidak benar kalau korban adalah aparat keamanan," tandasnya.