Penampilan Pertama Ratu Elizabeth dengan Masker di Depan Publik
Penampilan Ratu Elizabeth dalam upacara (Instagram/@westminsterabbeylondon)

Bagikan:

JAKARTA - Untuk pertama kalinya, Ratu Elizabeth II tampil di depan umum dengan menggunakan masker sejak pandemi virus corona. Penampilan itu ditunjukkan Sang Ratu saat menghadiri upacara singkat di Westminster Abbey.

Ratu Elizabeth dua hadir untuk ikut dalam peringatan seratus tahun penguburan para "Pejuang Tak Dikenal". Ini bukan pertama Ratu Elizabeth muncul di depan publik. Namun ini pertama kalinya ia mengenakan masker.

Rabu itu, 4 November, Ratu 94 tahun mengenakan topeng hitam bertepi putih. Foto-foto itu dirilis Sabtu malam, 8 November.

“Sungguh luar biasa melihat Yang Mulia dalam semangat yang baik dan kesehatan yang baik," kata Dr. David Hoyle, Dekan Westminster setelah kebaktian.

Ibadah singkat dihadiri hanya oleh dekan dan ratu equerry, Letnan Kolonel Nana Kofi Twumasi-Ankrah. Ratu meninggalkan karangan bunga anggrek dan murad, berdasarkan buket pernikahannya sendiri dari November 1947. Dia menundukkan kepalanya setelah doa dari dekan.

Makam itu adalah tempat peristirahatan terakhir seorang tentara Inggris tak dikenal yang tewas selama Perang Dunia I. Tubuhnya dibawa kembali dari Prancis Utara dan dimakamkan di Westminster Abbey pada 11 November 1920.

Ratu dalam upacara (Instagram/@westminsterabbeylondon)
Ratu dalam upacara (Instagram/@westminsterabbeylondon)
Ratu dalam upacara (Instagram/@westminsterabbeylondon)

'Dalam batasan'

Upacara tersebut berlangsung sehari sebelum penguncian selama empat minggu mulai berlaku di Inggris. Selain memaksa penutupan berbagai bisnis, tempat ibadah juga harus beroperasi dalam batas tertentu.

Penutup wajah diwajibkan oleh hukum dalam pengaturan dalam ruangan tertentu seperti di transportasi umum, di toko, dan tempat ibadah. Pemerintah Inggris juga merekomendasikan pakaian ini dikenakan di tempat dalam ruangan di mana jarak sosial mungkin sulit dan di mana orang melakukan kontak dengan orang yang biasanya tidak mereka temui.

Anggota keluarga kerajaan lainnya terlihat secara teratur mengenakan penutup wajah selama pandemi. Ratu dikritik karena tidak mengenakannya bulan lalu ketika dia mengunjungi Laboratorium Sains dan Teknologi Pertahanan di Porton Down di Inggris selatan bersama cucunya Pangeran William.

Ratu mengambil kesempatan itu selama perjalanannya yang langka ke London untuk mengunjungi Istana Buckingham, kediaman resminya di ibu kota.

Sebelum Inggris diisolasi penuh pada tanggal 23 Maret, ratu dan suaminya yang berusia 99 tahun, Pangeran Philip, pindah ke Kastil Windsor, yang berjarak sekitar 25 mil (40 km) barat London.