BMKG Ramalkan Hujan Kembali Turun di Tangerang Besok 17 Juli
Kondisi banjir di Ciledug Indah 1, Kota Tangerang, Sabtu, 16 Juli. (Jehan-VOI)

Bagikan:

TANGERANG - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tangerang mengungkapkan curah hujan yang terjadi tadi malam di Tangerang berpotensi terulang kembali besok Minggu 17 Juli.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Kelas I Tangerang mengatakan, potensi itu terjadi lantaran saat ini masuk dalam masa transisi atau kemarau basah dengan intensitas hukan sedang.

"Diminta untuk seluruh masyarakat untuk tetap update terkait cuaca yang terjadi. Karena menurut data kami saat ini, potensi hujan masih bisa terjadi hingga tanggal 17 Juli 2022, besok,” kata Urip dalam keterangan tertulis, Sabtu 16 Juli.

Ia mengatakan, dari alat ukur yang tersebar di beberapa lokasi seperti Bandara Soekarno-Hatta, di Stasiun Meteorologi Curug dan di Tangerang Selatan (Tangsel), tercatat curah hujan terukur di angka 37,5 mm/hari.

"Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hujan yang terjadi masih masuk dalam kategori sedang,” katanya.

Walau curah hujan terbilang sedang, Urip mengatakan masyarakat diminta untuk tetap waspada terutama bagi mereka yang tinggal di wilayah topografi rendah atau cekung dan di sekitar daerah Bantaran Aliran Sungai (DAS).

Ia pun berpesan, agar masyarakat tetap menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, terlebih di aliran air.

“Selain itu, masyarakat juga bisa berpartisipasi dengan tetap menjaga lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan terutama limbah plastik, karena dapat menyumbat aliran air dan mengakibatkan genangan hingga banjir,” tandasnya.