Jalin Kerja Sama, DKI Layani Akses Pemodalan UMKM Kota Bekasi
FOTO: Humas Bank DKI)

Bagikan:

JAKARTA - BUMD Bank DKI menjalin kerja sama dengan Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) Patriot Kota Bekasi tentang pemanfaatan layanan digital perbankan.

Bentuk kerja sama tersebut meliputi pengelolaan transaksi keuangan melalui layanan digital UUS Bank DKI, layanan keagenan perbankan dengan JakOne Abank hingga penyaluran pembiayaan produktif kepada UMKM kota Bekasi maupun konsumtif bagi ASN Pemerintah Kota Bekasi.

"Produk dan layanan digital hingga fasilitas permodalan melalui pembiayaan UUS Bank DKI insyaallah dapat membuka peluang yang lebih besar bagi sektor UMKM untuk mengembangkan usahanya lebih ekspansif lagi," kata Direktur Ritel dan Syariah Bank DKI, Babay Parid Wazdi dalam keterangannya, Selasa, 12 Juli.

Babay menerangkan, UUS Bank DKI akan memfasilitasi akses permodalan pelaku UMKM dengan pembiayaan modal kerja syariah. UUS Bank DKI juga turut berpartisipasi pada program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan menargetkan penyaluran KUR sebesar Rp1 triliun kepada pelaku UMKM.

Selain itu, lanjut Babay, UUS Bank DKI juga menawarkan produk pemilikan emas bagi para ASN Pemerintah Kota Bekasi yang ingin melakukan investasi emas dengan cara mengangsur.

"Emas itu kan merupakan investasi safe haven yang dapat bertahan dan bahkan mampu meningkat pada saat kondisi pasar finansial mengalami goncangan atau ketika aset investasi lain sedang turun, sehingga memanfaatkan produk pemilikan emas dari UUS Bank DKI merupakan cara yang tepat bagi mereka yang mau berinvestasi secara aman," urai Babay.

Dari sisi digitalisasi UMKM, UUS Bank DKI mengajak pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya dengan menjadi agen melalui aplikasi JakOne Abank.

JakOne Abank merupakan layanan perbankan tanpa kantor d imana Bank DKI hadir melalui Agen dengan menggunakan perangkat Mobile Point of Sale (MPOS) untuk pembayaran pajak dan retribusi, pembayaran tagihan.

"Dengan menjadi agen JakOne Abank, para pelaku UMKM dapat melayani berbagai transaksi perbankan serta mendapatkan komisi dari setiap transaksi," ungkap Babay.

Babay berharap agar sinergi dan kolaborasi UUS Bank DKI dengan BPRS Patriot dapat memberikan kontribusi nyata untuk memberikan kemudahan akses layanan perbankan digital serta akses permodalan melalui pembiayaan syariah bagi masyarakat Bekasi dan sekitarnya.