Salat Id Hari Minggu, Masjid Al Azhar Siap Tampung 12 Ribu Jemaah, Eks Menag Lukman Hakim Jadi Khotib
Masjid Agung Al-Azhar yang berada di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jumat (8/7/2022). (ANTARA/Chairul Rohman)

Bagikan:

JAKARTA - Pengurus Masjid Agung Al Azhar Jakarta Selatan menyatakan kapasitas tempat ibadah tersebut menampung 12 ribu jemaah guna melaksanakan salat Iduladha 2022 pada Minggu, 10 Juli.

“Kita akan fungsikan lapangan bola, lapangan basket dan juga tempat parkir untuk pelaksanaan Shalat Idul Adha,” ungkap Kepala Kantor Masjid Agung Al Azhar, H Iding dilansir ANTARA, Jumat, 8 Juli.

Sampai saat ini, pengurus Masjid Agung Al Azhar tengah mempersiapkan dan merapikan lokasi yang nanti akan ditempati para jemaah.

Pihak Masjid Agung Al Azhar juga menerapkan protokol kesehatan dengan ketat mulai dari pengecekan suhu tubuh hingga mengimbau para jemaah untuk sudah berwudhu dari rumah masing-masing.

Selain itu, pihak masjid juga mengingatkan para jemaah untuk membawa peralatan ibadah masing-masing, mengingat warga yang begitu banyak.

“Kami dari dulu tidak pernah lengah dengan yang namanya protokol kesehatan,” ucap dia.

Pada tahun ini dengan diperbolehkan kembali beribadah di masjid, maka pengurus Masjid Agung Al Azhar memang tidak memberi jarak terhadap saf-saf jemaah seperti sebelumnya.

Iding menginformasikan khotib salat Iduladha yakni mantan Menteri agama, yakni Lukman Hakim. Sedangkan yang akan memimpin Imam salat Iduladha yaitu Agus Nurqowim.

Ada pun tema yang akan diangkat pada tahun ini adalah “Manusiakan Manusia serta Menjaga Kemaslahatan dan Kesepakatan Bersama” yang nantinya akan dibawakan dalam menggunakan Bahasa Arab.

Pelaksanaan salat Iduladha di Masjid Agung Al Azhar akan jatuh pada 10 Juli 2022, dan akan dimulai sejak pukul 07.00 WIB.