Amankan Iduladha, Polres Jakpus Terjunkan 750 Personel
Ilustrasi hewan ternak sapi terancam wabah penyakit mulut dan kuku (PMK). (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Polres Metro Jakarta Pusat menyiagakan 450 personil pengamanan Iduladha di wilayah Jakarta Pusat. Petugas akan disebar disejumlah titik, terutama di Masjid Istiqlal.

"Dari Jakpus kita akan menurunkan sebanyak 450 personel yang akan kita gelar khususnya di Masjid Istiqlal pada hari Minggu," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin kepada wartawan, Jumat, 8 Juli.

Selain itu, kurang lebih 300 personil dari Polda Metro Jaya akan ikut mengamankan Iduladha. Kombes Komarudin mengatakan, pihaknya pun telah mendirikan posko pengamanan.

"Saat ini kita sudah mendirikan posko pengamanan disana. Kemudian dari Polda juga akan diterjunkan sebanyak 2 kompi atau 3 kompi personel itu dikisaran sekitaran 300 personel akan membantu Polres Jakarta Pusat untuk melaksanakan kegiatan pengamanan," katanya.

Kombes Komarudin juga mengatakan, nantinya pelaksanaan salat Iduladha akan berlangsung di masjid dan di lapangan terbuka. Dia mengatakan pihaknya telah siap melakukan pengamanan.

"Kemudian untuk pengamanan salat Iduladha, ada yang melaksanakan di masjid ada yang melaksanakan di lapangan terbuka. Ini juga membutuhkan pengamanan dari kita untuk membantu kelancaran salat Iduladha," katanya.

Lebih lanjut, Komarudin mengatakan selain pengamanan salat Iduladha, polisi akan melakukan pengamanan prosesi penyembelihan hewan kurban. Dia mengimbau warga untuk tidak berkerumun pada saat pembagian daging.

"Kemudian, selanjutnya juga ada pengamanan untuk prosesi penyembelihan hewan kurban yang terpantau sementara ini ada di beberapa titik, termasuk pendistribusian daging kurban yang mungkinkan nanti akan di kerumuni oleh masyarakat," sambungnya.

"Kami juga mengimbau kepada para panitia kurban untuk metode pendistribusian diatur sedemikian rupa agar diharapkan tidak terjadi kerumunan yang terlalu membludak," tambahnya.