Ingin Medsosnya Responsif Terhadap Beragam Isu, Pemkab Bogor Gembleng Admin Selama 3 Hari
Kantor Bupati Bogor di Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (dok Wikimedia Commons)

Bagikan:

BOGOR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat, menggembleng seluruh admin media sosial (medsos) perangkat daerah agar memiliki kemampuan yang kreatif.

"Karena melalui media sosial, berbagai informasi, kebijakan pemerintah, program kerja pemerintah bisa tersampaikan kepada masyarakat luas," kata Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan saat hadir dalam bimbingan teknis admin media sosial di Cisarua, Bogor, dikutip dari Antara, Rabu 6 Juli.

Admin media sosial adalah seseorang yang dipercaya untuk mengelola serta mengoperasikan segala hal yang berhubungan dengan platform media sosial

Menurutnya pelatihan mengelola media sosial yang berlangsung tiga hari sejak Senin itu untuk mengoptimalkan peran humas dalam memublikasikan informasi secara masif dan kreatif kepada masyarakat.

Ia menyampaikan di era digitalisasi, media sosial menjadi sarana penyebarluasan informasi yang paling efektif, sehingga pengelolaannya perlu dilakukan secara serius.

Pentingnya pengelolaan media sosial ini tertuang dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi nomor 83 tahun 2012 tentang Pedoman Pemanfaatan Medsos Instansi Pemerintah yang menuntut humas cepat merespon tantangan serta menjembatani relasi pemerintah dengan masyarakat melalui komunikasi publik yang baik.

"Agar betul-betul mengoptimalkan medsos di unit kerja masing-masing, karena sebaik apapun program pemerintah jika tidak terpublikasikan dengan baik, maka masyarakat tidak akan tahu," imbuhnya.

Iwan juga meminta kepada seluruh admin media sosial di perangkat daerah untuk aktif memantau media sosial, responsif terhadap berbagai isu yang muncul, dan bergerak cepat dalam menjawab kebutuhan informasi netizen.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominf) Kabupaten Bogor, Bayu Ramawanto menambahkan, era disrupsi revolusi 4.0 telah mendorong penerapan dan transformasi digital pada segala aspek kehidupan dan melahirkan beragam inovasi.

"Optimalisasi digitalisasi sangat diperlukan seperti podcast, medsos, youtube dan lainnya, sehingga sangat penting untuk meningkatkan kualitas, skill dan kemampuan para pengelola atau admin media sosial di seluruh Kabupaten Bogor, mulai dari tingkat dinas, kecamatan dan desa melalui Bimtek ini," ujarnya.

Pelatihan pengelolaan media sosial ini dihadiri secara tatap muka oleh seluruh admin media sosial tingkat dinas dan kecamatan. Kemudian, dihadiri secara daring oleh admin media sosial tingkat desa.