Wapres: Masyarakat Harus Miliki Digital <i>Mindset</i> Bangun Budaya Belajar Tiada Henti
Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan masyarakat harus memiliki pola pikir digital untuk dapat memahami dan memanfaatkan perkembangan teknologi yang terus bergulir.

"Masyarakat Indonesia harus memiliki digital mindset untuk mempelajari keahlian baru di bidang teknologi, dan memanfaatkannya demi menciptakan kemajuan," kata Wapres dalam sambutannya pada acara Merdeka Award 2022, yang disaksikan secara daring, dikutip dari Antara, Kamis 30 Juni.

Wapres menyampaikan, dengan memiliki pola pikir digital, masyarakat dapat memahami perkembangan teknologi informasi dan membuka jalan keberhasilan serta kemajuan bagi organisasi maupun bisnis.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan pola pikir digital akan berdampak positif bagi karir individual.

"Dan yang tidak kalah penting, adalah bagaimana membangun budaya belajar tiada henti. Semua institusi dan organisasi harus mampu membentuk dan menanamkan budaya ini kepada seluruh anggotanya," ujarnya.

Wapres menekankan seorang pemimpin harus mampu menjadi mentor dan teladan dalam membangun pola pikir digital.

Menurutnya, para pemimpin, baik di institusi pemerintahan, dunia usaha, maupun kelompok masyarakat, memiliki peran sangat penting dalam mengartikulasikan, mengomunikasikan, serta mengarahkan strategi transformasi digital agar sesuai harapan.