Janji Dukung Ukraina Selama yang Dibutuhkan, Negara G7 Siapkan Dana Rp436 Trilun
Presiden Zelensky saat berbicara melalui tautan video dalam KTT G7 di Jerman. (Twitter/@Bundeskanzler)

Bagikan:

JAKARTA - Negara-negara yang tergabung dalam Kelompok 7 (G7) berjanji mendukung Ukraina selama yang dibutuhkan, berjanji untuk memperketat tekanan pada keuangan Rusia dengan sanksi baru yang mencakup proposal untuk membatasi harga minyak Rusia.

Pengumuman itu muncul setelah Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, berbicara kepada para pemimpin G7 pada pertemuan puncak mereka di Pegunungan Alpen Bavaria melalui tautan video, meminta senjata dan pertahanan udara untuk menang dalam perang melawan Rusia dalam beberapa bulan.

Pernyataan para pemimpin G7 sendiri bertujuan untuk memberi sinyal, para anggotanya siap untuk mendukung Ukraina untuk jangka panjang, pada saat inflasi yang melonjak dan kekurangan energi, yang dipicu oleh invasi Rusia, telah menguji penyelesaian sanksi Barat.

"Kami akan terus memberikan dukungan keuangan, kemanusiaan, militer dan diplomatik serta mendukung Ukraina selama yang diperlukan," bunyi pernyataan G7 melansir Reuters 28 Juni.

Setelah rudal menghujani Kyiv pada Hari Minggu, Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan mengatakan, Amerika Serikat sedang menyiapkan paket senjata baru untuk Ukraina yang mencakup pertahanan udara jarak jauh dan amunisi.

Mengacu pada pidato Presiden Zelensky, Sullivan mengatakan kepada wartawan: "Di atas pikirannya adalah serangkaian serangan rudal yang terjadi di Kyiv dan kota-kota lain di seluruh Ukraina, dan keinginannya untuk mendapatkan kemampuan pertahanan udara tambahan yang dapat menembak jatuh rudal Rusia dari luar. langit."

Negara-negara G7 mengatakan mereka siap untuk memberikan komitmen keamanan dalam penyelesaian pasca perang sambil menekankan, setelah Ukraina sebelumnya menyuarakan keraguan, terserah pada Kyiv untuk memutuskan kesepakatan damai di masa depan dengan Rusia.

Selain itu, negara-negara G7 juga mengatakan, mereka telah berjanji atau siap untuk memberikan hingga 29,5 miliar dolar atau sekitar Rp436.830.100.000.000 untuk Ukraina.

Diketahui, negara-negara G7, yang menghasilkan hampir setengah dari output ekonomi dunia, ingin meningkatkan tekanan pada Rusia tanpa memicu inflasi yang sudah melonjak yang menyebabkan ketegangan di dalam negeri dan merusak Global South.

Sanksi yang diperluas juga akan menargetkan aliran pendapatan Rusia dari ekspor emas, produksi militer Moskow dan pejabat yang dipasang oleh Moskow di wilayah Ukraina yang diduduki oleh pasukan Rusia.

Memaksakan batas harga minyak bertujuan untuk memukul dada perang Presiden Rusia Vladimir Putin, sementara sebenarnya menurunkan harga energi.

"Tujuan ganda para pemimpin G7 adalah untuk membidik langsung pendapatan Presiden Putin, terutama melalui energi, tetapi juga untuk meminimalkan limpahan dan dampak pada ekonomi G7 dan seluruh dunia," kata seorang pejabat AS di sela-sela KTT G7.

Sanksi Barat telah memukul ekonomi Rusia dengan keras dan langkah-langkah baru ditujukan untuk semakin merampas pendapatan minyak Kremlin. Negara-negara G7 akan bekerja dengan negara lain, termasuk India, untuk membatasi pendapatan yang dapat terus dihasilkan Putin, sambung pejabat AS itu.

"Adalah baik, penting dan perlu bahwa kita berbicara satu sama lain," sebut Kanselir Jerman Olaf Scholz tentang negara-negara tamu, yang juga termasuk Argentina, Indonesia, Senegal dan Afrika Selatan, yang memujinya sebagai "demokrasi masa depan."