Bahas Penguatan Kerja Sama Pangan dengan PM Modi, Presiden Jokowi Minta Mendag Segera Hubungi Menteri Perdagangan India
Presiden Jokowi bersama PM Modi saat bertemu di Jerman. (Sumber: Situs Presiden Republik Indonesia/BPMI Setpres/Laily Rachev)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membahas penguatan kerja sama di bidang pangan hingga permasalahan konflik di Ukraina, saat bertemu dengan koleganya, Perdana Menteri India Narendra Modi.

Presiden Jokowi bertemu PM melakukan pertemuan bilateral di sela-sela KTT G7 di Elmau, Jerman, Senin, 27 Juni 2022. Keduanya hadir seiring dengan undangan Jerman sebagai tuan rumah kepada Indonesia dan India.

"Mengenai kerja sama terkait perdagangan bahan pangan antara dua negara, saya akan minta Menteri Perdagangan Indonesia untuk segera berkomunikasi dengan Menteri Perdagangan India," ujar Presiden Jokowi, melansir situs Presiden Republik Indonesia, Senin 27 Juni malam.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga menyampaikan apresiasi atas dukungan kuat India terhadap Presidensi G20 Indonesia. Indonesia juga akan mendukung penuh Presidensi G20 India tahun depan.

Sementara, terkait situasi di Ukraina, Presiden Jokowi menyerukan kembali pentingnya perang untuk dihentikan.

"Saya senang Indonesia dan India memiliki posisi yang kurang lebih sama antara lain mendesak penyelesaian secara damai," ungkap Presiden Jokowi.

Untuk diketahui, dalam pertemuan bilateral ini Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Duta Besar RI untuk Jerman Arif Havas Oegroseno.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dan PM Modi menaiki helikopter yang sama, saat hendak berangkat ke lokasi pertemuan KTT G-7 kali ini. Keduanya tampak duduk berdampingan dari foto yang diunggah Presiden Jokowi di akun Instagramnya.