Mal Dipadati 1.000 Pengunjung Dihantam Dua Rudal Rusia: 13 Orang Tewas, Puluhan Luka-luka
Mal Ukraina Mal di Ukraina dihantam Rudal Rusia. (Wikimedia Commons/State Emergency Service of Ukraine)rudal Rusia Wikimedia Commons State Emergency Service of Ukraine 2

Bagikan:

JAKARTA - Dua rudal Rusia menghantam pusat perbelanjaan yang ramai di Kota Kremenchuk, Ukraina, menyebabkan sedikitnya 13 orang tewas dan melukai 50 lainnya, kata gubernur regional pada Hari Senin.

Presiden Volodymyr Zelensky mengatakan lebih dari 1.000 orang berada di pusat perbelanjaan pada saat serangan itu, yang menurut para saksi menyebabkan kebakaran besar dan mengirim asap hitam mengepul ke langit.

Seorang reporter Reuters melihat sekam hangus dari sebuah kompleks perbelanjaan dengan atap yang runtuh. Petugas pemadam kebakaran dan tentara menarik potongan logam yang hancur saat mereka mencari korban selamat.

"Bahkan tidak mungkin membayangkan jumlah korban. Tidak ada gunanya mengharapkan kesopanan dan kemanusiaan dari Rusia," tulis Presiden Zelensky di aplikasi perpesanan Telegram, melansir Reuters 28 Juni.

Dmytro Lunin, gubernur wilayah Poltava tengah, menulis di Telegram 13 orang telah dipastikan tewas akibat serangan itu, menambahkan bahwa terlalu dini untuk membicarakan jumlah korban tewas terakhir saat tim penyelamat terus mencari di antara puing-puing.

rudal rusia
Mal di Ukraina dihantam Rudal Rusia. (Wikimedia Commons/State Emergency Service of Ukraine)

Lunin juga menulis di Telegram, sekitar 21 orang telah dirawat di rumah sakit, dan 29 lainnya telah diberikan pertolongan pertama tanpa rawat inap.

"Ini adalah tindakan terorisme terhadap warga sipil," katanya secara terpisah, menunjukkan tidak ada target militer di dekatnya yang bisa menjadi sasaran Rusia.

Pada satu titik, paramedis bergegas ke gedung setelah penyelamat memanggil "200" yang berarti mereka telah menemukan satu atau lebih mayat di dalam gedung. Wartawan kemudian didorong menjauh dari tempat kejadian saat sirene serangan udara meraung lagi.

Saat malam mulai turun, tim penyelamat membawa lampu dan generator untuk melanjutkan pencarian. Anggota keluarga yang khawatir, beberapa hampir menangis dan dengan tangan menutupi mulut mereka, berbaris di sebuah hotel di seberang jalan dari mal di mana petugas penyelamat telah mendirikan pangkalan.

Kiril Zhebolovsky (24), sedang mencari temannya, Ruslan (22), yang bekerja di sebuah toko elektronik dan tidak terdengar kabarnya sejak ledakan itu. "Kami mengiriminya pesan, menelepon, tetapi tidak ada apa-apa," katanya. Dia meninggalkan nama dan nomor teleponnya kepada petugas penyelamat jika temannya ditemukan.

Seorang pekerja mal yang bernama Roman (28) mengatakan kepada Reuters, manajemen mal baru tiga hari yang lalu mengizinkan toko-toko tetap buka selama sirene serangan udara.

Kremenchuk, sebuah kota industri berpenduduk 217.000 sebelum invasi Rusia 24 Februari ke Ukraina, terletak di Sungai Dnipro di wilayah Poltava dan merupakan lokasi kilang minyak terbesar di Ukraina.

Komando angkatan udara Ukraina mengatakan mal itu dihantam oleh dua rudal jarak jauh X-22, yang ditembakkan dari pembom Tu-22M3 yang terbang dari lapangan terbang Shaykovka di wilayah Kaluga Rusia.

rudal rusia
Mal di Ukraina dihantam Rudal Rusia. (Wikimedia Commons/State Emergency Service of Ukraine)

Terpisah, Wakil Duta besar Rusia untuk PBB, Dmitry Polyanskiy, menulis di Twitter, tanpa mengutip bukti, bahwa serangan itu adalah 'provokasi Ukraina.'

"Persis apa yang perlu diperhatikan oleh rezim Kyiv di Ukraina sebelum KTT NATO," katanya, mengacu pada pertemuan aliansi di Madrid yang akan dimulai pada Selasa.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan pada hari Senin bahwa KTT mendatang akan menyetujui paket bantuan baru untuk Ukraina di bidang-bidang "seperti komunikasi yang aman, sistem anti-drone, dan bahan bakar."

"Kami membutuhkan lebih banyak senjata untuk melindungi rakyat kami, kami membutuhkan pertahanan rudal," tulis Andriy Yermak, kepala kantor kepresidenan di Twitter setelah serangan itu.

Vadym Denysenko, seorang penasihat kementerian dalam negeri, mengatakan Rusia mungkin memiliki tiga motif untuk serangan itu.

"Yang pertama, tidak diragukan lagi, adalah menabur kepanikan, yang kedua adalah menghancurkan infrastruktur kita, dan yang ketiga adalah meningkatkan taruhan untuk membuat Barat beradab kembali duduk di meja perundingan," paparnya.