Uni Eropa Kasih Status Kandidat untuk Ukraina, Pakar: Hadiah Hiburan, Kompensasi 'Ditolak' Masuk NATO
Pertemuan Uni Eropa yang memutuskan memberi Ukraina status kandidat. (Twitter/@vonderleyen)

Bagikan:

JAKARTA - Keputusan untuk memberikan Ukraina status calon keanggotaan Uni Eropa (UE), dibuat dengan pelanggaran berat terhadap tradisi Uni Eropa dan berasal dari motif geopolitik murni, keinginan untuk menjaga Kyiv dalam orbit pengaruh Eropa Barat, kata Wakil Direktur Center for Comprehensive European dan Studi Internasional di Sekolah Tinggi Ekonomi Dmitry Suslov, Jumat

"Ini benar-benar isyarat tanda, keputusan politik oleh Uni Eropa, diambil karena alasan geopolitik. Ini dimaksudkan untuk menekankan bahwa UE tidak akan menyerahkan Ukraina ke dalam apa yang disebut lingkup pengaruh Rusia. Dengan demikian, Uni Eropa melembagakan Ukraina," ujar Suslov kepada TASS seperti dikutip 25 Juni.

"Kehadirannya di orbit Barat dan memberinya dukungan politik," sambung Suslov, pakar klub diskusi Valdai.

Pada saat yang sama, Suslov melihat keputusan ini adalah semacam hadiah hiburan, kompensasi atas penolakan untuk mengakui Ukraina ke dalam Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

"Ini adalah pengakuan bahwa Ukraina tidak akan bergabung dengan NATO. Masalah ini akan dihapus dari agenda de facto, setelah berakhirnya operasi khusus dan penyelesaian politik, akhirnya akan dibatalkan secara de jure. Ukraina diberikan alternatif, hadiah hiburan dikemas sebagai status calon untuk bergabung dengan UE," papar Suslov.

Suslov menekankan, dengan memutuskan memberikan status kandidat kepada Ukraina dan Moldova, UE "secara besar dan mendasar melanggar tradisi dan aturan fundamentalnya sendiri."

Uni Eropa, katanya, selalu menekankan asosiasi itu bersifat integrasi, bahwa keputusan tentang perluasan atau pemberian status calon ditentukan sepenuhnya oleh faktor hukum dan bukan faktor geopolitik.

"Kali ini, keputusan itu sepenuhnya, 100% ditentukan oleh faktor geopolitik, karena dari sudut pandang karakteristik peraturan dan hukum, Ukraina sama sekali tidak cocok untuk keanggotaan, atau untuk pencalonan. Bahkan Georgia telah bergerak lebih jauh di sepanjang jalur pemilihan. reformasi, tetapi telah ditolak statusnya sebagai kandidat justru karena alasan geopolitik," tegas Suslov.

Ini menunjukkan Uni Eropa sedang menuju entitas geopolitik, bukan entitas integrasi. Itu menjadi murid NATO, katanya.

"Status calon tidak berarti segera memulai pembicaraan aksesi. Negosiasi aksesi Ukraina ke Uni Eropa mungkin dimulai bukan ketika operasi khusus selesai, tetapi hanya setelah penyelesaian akhir konflik. Negosiasi aksesi dengan Moldova dapat dimulai setelah penyelesaian konflik Transnistrian, yang juga bukan masalah masa depan yang dapat diperkirakan. Dan, tentu saja, negosiasi ini dapat berlangsung tanpa batas waktu," paparnya.

Dia menarik perhatian pada fakta, banyak orang di Eropa telah mengatakan secara langsung, status kandidat diberikan ke Kiev dan Chisinau sebagai pengecualian, sementara pada tahap bergabung dengan UE seharusnya tidak ada pengecualian dan tidak ada identifikasi cepat.

"Uni Eropa sudah mengalami masalah serius dari perluasan berlebihan. Selain itu, Uni Eropa melanjutkan dari fakta, Ukraina dan Moldova tidak dapat masuk ke dalam aliansi lebih awal dari negara-negara Semenanjung Balkan, Serbia, Albania dan Bosnia-Herzegovina. Adapun aksesi negosiasi, UE akan mematuhi praktik keras dan menuntut perubahan internal mendasar dari Ukraina, di mana Ukraina secara objektif belum siap," beber Suslov.

Oleh karena itu, Ukraina, ia percaya, akan tetap dalam status kandidat 'di ruang depan UE' untuk waktu yang lama dan akan mungkin untuk membicarakan prospek masuk yang sebenarnya dengan sungguh-sungguh, tidak lebih cepat dari dalam waktu dua atau tiga dekade. Atau tidak pernah, sang pakar menekankan.