Sudah Bertemu Erick Thohir, Gibran Pastikan Angkasa Pura, PLN dan Telkom jadi Sponsor ASEAN Para Games
Ketua Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) 2022 Gibran Rakabuming Raka. ANTARA

Bagikan:

SOLO - Ketua Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) 2022, Gibran Rakabuming Raka memastikan sejumlah perusahaan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) siap mensponsori ASEAN Para Games (APG) pada Agustus mendatang.

"Kemarin saya sudah ketemu Pak Erick (Menteri BUMN Erick Thohir) dan Pak Hary Tanoe (pengusaha media Hary Tanoesoedibjo)," katanya di Solo, Antara, Jumat, 24 Juni.

Pada pertemuan tersebut dipastikan ada sponsor dari BUMN, yakni dari PT Angkasa Pura, PLN, dan Telkom. "Senin depan dirapatkan lagi, tapi yang pasti siap bantu," katanya.

Terkait kesepakatan dengan Hary Tanoesoedibjo adalah mengenai hak penyiaran. Bila sponsor masih kurang, akan dicarikan lagi.

"Anggaran kami di ASEAN Para Games minim, hanya Rp375 miliar. Nanti yang kurang dicarikan sponsor lagi, kan ada swasta, ada BUMN," katanya.

Sebelumnya, sejumlah persiapan sudah dilakukan oleh Pemerintah Kota Surakarta sebagai tuan rumah bersama dengan kementerian terkait untuk menggelar ASEAN Para Games 2022.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI memastikan kesiapan pelayanan kesehatan untuk para atlet yang akan berlaga pada ASEAN Para Games tersebut.

Direktur Kesehatan Usia Produktif dan Lanjut Usia Kementerian Kesehatan RI Kartini Rustandi mengatakan beberapa yang disiapkan mulai dari pelayanan kesehatan, kesehatan lingkungan, kebersihan makanan, dan keamanan makanan.

Untuk fasilitas kesehatan, kesiapannya mulai dari rumah sakit hingga Puskesmas yang ada di wilayah Solo Raya.

"Termasuk faskes di Semarang, karena kan ada salah satu kegiatan di Semarang. Nanti juga ada nakes di setiap lokasi pertandingan," katanya. Untuk rumah sakit yang disiapkan juga disesuaikan dengan kebutuhan para atlet, termasuk antisipasi cedera yang dialami atlet. "Nanti juga ada dokter spesialis saraf," katanya.