Jet Tempur Taiwan Alami Kecelakaan, Pilot Tewas Jatuh di Laut
Ilustrasi jet tempur (dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Jet tempur Taiwan jenis F-5E mengalami kecelakaan dan jatuh di laut lepas. Kecelakaan fatal tersebut juga membuat pilot pesawat tewas setelah ikut terjun ke laut.

Melansir dari South China Morning Post, Kamis 29 Oktober, pesawat tempur tersebut sedang menjalani latihan rutin dan dilaporkan mengalami kerusakan tak lama setelah lepas landas. 

Akibat kecelakaan tersebut, pilot Chu Kuang-meng yang terlempar dari kursi lontarnya terhempas ke laut dan tenggelam. Tim penyelamat yang berhasil mengevakuasi pilot tersebut dari laut dalam keadaan tak sadarkan diri.

Nahas nyawa pilot berusia 29 tahun tersebut tak tertolong saat dibawa ke rumah sakit terdekat. Ini merupakan kecelakaan udara fatal kedua bagi Taiwan dalam tiga bulan terakhir.

Angkatan Udara Taiwan langsung mengaudit semua pesawat jet tempur F-5E yang ada di hanggar. Di mana Kepala Staf Angkatan Udara Huang Chih-wei mengatakan semua pesawat jet tempur F-5E kini dilarang terbang sampai hasil pemeriksaan kelayakan dan keamanan selesai. 

Sejatinya F-5E adalah pesawat tempur generasi tua yang dimiliki Taiwan sejak 1960-an. Pihak AIDC, pabrikan jet tempur tersebut langsung melakukan penyelidikan atas peristiwa kecelakaan kecelakaan militer Taiwan tersebut.

Di sisi lain kecelakaan ini terjadi di saat Angkatan Udara Taiwan dipaksa untuk menghadapi jet-jet tempur China yang melintas ke garis tengah Selat Taiwan. Aksi provokatif itu dilakukan China sebagai tanggapan atas kedatangan pejabat senior Amerika Serikat (AS) ke Taipei.