Janji Gubernur Kaltara: Bakal Kasih Insentif untuk Warga yang Jaga Hutan
Desa Long Jalan, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara (Kaltara) (Antara-Warsi)

Bagikan:

KALTARA - Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal Arifin Paliwang menjanjikan insentif bagi warga yang aktif terlibat dalam upaya menjaga dan melestarikan kawasan hutan di wilayahnya.

"Akan kita siapkan anggaran kepada mereka yang ikut menjaga kelestarian hutan. Bentuknya berupa insentif," kata Zainal di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Kaltara, dikutip dari Antara, Selasa 21 Juni.

Namun, Zainal tidak penjelasan terperinci mengenai bentuk atau nilai insentif yang akan diberikan kepada warga yang terlibat aktif dalam upaya pelestarian hutan.

Di samping menyiapkan pemberian insentif dalam upaya pelestarian hutan, Zainal mengatakan, Pemerintah Provinsi Kaltara akan mengatur pelibatan dan pembinaan masyarakat dalam upaya pelestarian kawasan hutan.

Zainal menekankan pentingnya keterlibatan masyarakat, terutama yang tinggal di sekitar hutan konservasi, dalam upaya untuk menjaga dan melestarikan kawasan hutan.

Selain mengampanyekan upaya konservasi hutan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara menggiatkan penghijauan di daerah perbatasan dan pesisir.

"Program saya ke depan, bagaimana tambak di Kaltara ini bisa ditanami mangrove," ujar Zainal.