Gubernur Kaltara Ingatkan ASN Jaga Netralitas di Pemilu 2024
Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal A. Paliwang mengingatkan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara untuk menjaga netralitas dalam Pemilu 2024 mendatang.

Bagikan:

TANJUNG SELOR - Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal A. Paliwang mengingatkan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara untuk menjaga netralitas dalam Pemilu 2024 mendatang.

Hal itu diungkapkan Gubernur Kaltara saat memimpin apel pagi di lapangan Agatish Tanjung Selor, Bulungan, Senin, 18 September.

"Larangan bagi ASN untuk berpolitik praktis telah diatur dalam undang-undang dengan tujuan menjaga netralitas mereka. Terlebih lagi, tahun 2024 merupakan tahun politik dengan pelaksanaan pilpres, pilkada, dan pileg," tegas Zainal, Senin, 18 September.

Kontestasi politik, lanjut Zainal, sudah dimulai tahun tersebut. Ia juga meminta ASN bijak dalam menggunakan media sosial (Medsos).

"Jaga netralitas sebagai ASN serta bijaklah dalam bersosial media," tegas Gubernur di hadapan seluruh pegawai ASN dan Non-ASN Pemprov Kaltara.

Gubernur Zainal Paliwang mengingatkan  tugas utama ASN adalah tetap fokus pada pelayanan publik.

Selain itu, keterlibatan ASN dalam politik praktis dapat mengganggu kerja-kerja birokrasi dan mengurangi kualitas pelayanan publik yang seharusnya menjadi tugas utama seorang abdi negara.

"Jangan sampai ASN terbawa dalam berbagai kepentingan tertentu, karena hal itu dapat mengganggu kualitas pelayanan publik," jelasnya.

Selain itu, Gubernur Zainal juga mengingatkan tentang beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan hari ini, termasuk pertemuan FKUB se-Kalimantan yang akan berlangsung di Tanjung Selor.

"Sebagai tuan rumah, mari kita tunjukkan bahwa kita adalah tuan rumah yang baik," ujar Gubernur Zainal.

Di penutup arahannya, Gubernur Zainal menyampaikan mengenai pelaksanaan HUT Kaltara ke-11 yang akan dipusatkan di Lapangan Agatish.

Dia berharap semua pihak dapat berperan aktif dalam membantu kelancaran dan kesuksesan seluruh kegiatan HUT tersebut, terutama karena panitia pelaksanaan telah terbentuk.

"Saya harapkan semuanya bekerja dengan sungguh-sungguh dan ikhlas," ujarnya.

Selepas apel pagi, Gubernur Zainal melanjutkan dengan menerima Corporate Social Responsibility (CSR) dari salah satu bank milik pemerintah yang beroperasi di Kaltara.

Adapun bantuan CSR yang diterima oleh Provinsi Kaltara adalah satu unit mobil ambulans dari BPD Kaltim Kaltara. Penyerahannya dilakukan oleh Pemimpin BPD Kaltim Kaltara Cabang Tanjung Selor, Dicky Agus Widiyanto.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Bank BPD Kaltim Kaltara yang telah berkontribusi dengan menyerahkan satu unit mobil ambulans sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat Kaltara," kata Zainal