Bagikan:

JAKARTA - Jika Anda merencanakan liburan musim panas di mana Anda bisa menyatu dengan alam dan memuaskan hasrat berenang Anda, maka Austria harus ada dalam radar Anda.

Itu karena negara pegunungan yang terkurung daratan memiliki air mandi terbersih di antara negara-negara Uni Eropa, menurut sebuah studi baru oleh Badan Lingkungan Eropa.

Menganalisis air dari 21.859 situs pemandian tahun lalu, badan tersebut menemukan Austria memiliki situs renang alami terbaik, dengan 97,7 persen perairannya memiliki kualitas yang sangat baik.

Tepat di belakang Austria adalah Malta, dengan tujuan pulau mencatat pembacaan yang sangat baik di lebih dari 96 persen tempat pemandiannya.

Menyusul lima negara di belakangnya berturut-turut yakni,Yunani, Kroasia, Siprus, Denmark dan Jerman, dengan lebih dari 90 persen tempat pemandian alami menawarkan kualitas air yang sangat baik.

Sementara, setelah meninggalkan Uni Eropa, perairan Inggris tidak dinilai oleh para peneliti, seperti melansir The National News 10 Juni.

Hotspot liburan Mediterania Italia dan Spanyol hanya berada di peringkat 12 dan 13 dalam penelitian ini. Sementara Prancis, negara yang paling banyak dikunjungi di dunia, hanya berada di peringkat ke 22.

berenang di alam terbuka eropa
Caption

Polandia adalah negara dengan peringkat terendah dalam penelitian ini. Hanya 44 persen, atau 299, dari tempat renang liar negara Baltik yang dianggap berkualitas sangat baik, dan 16 lainnya dianggap berkualitas buruk.

Secara total, 332 tempat pemandian air memiliki kualitas air rendah pada tahun 2021. Enam negara mencatat tiga persen atau lebih tempat berenang berkualitas buruk termasuk Estonia, Prancis, Belanda, Latvia, Slovakia, dan Swedia.

Diketahui, negara-negara Uni Eropa harus menutup setiap tempat yang dianggap tidak memuaskan untuk musim mandi mendatang dan, jika tempat-tempat ini terus mendapat peringkat buruk selama lima tahun berturut-turut, harus secara permanen membatasi akses ke pemandian.

Pada tahun 2021, Italia menutup 31 lokasi, Prancis menghentikan orang yang berenang di delapan perairan, Belanda menutup dua lokasi dan Republik Ceko, Estonia, Polandia, dan Swedia semuanya menutup satu lokasi.

Jika Anda bertanya-tanya apakah lebih baik berenang di tepi laut atau memilih berenang di danau, jawabannya pergilah ke situs pantai.

Studi tersebut menemukan bahwa air tersebut umumnya memiliki kualitas yang lebih baik daripada perairan pedalaman, dengan 88 persen wilayah pesisir diklasifikasikan sebagai sangat baik, dibandingkan dengan lebih dari 78 persen situs pedalaman.

Ini biasanya karena kapasitas pemurnian diri yang lebih tinggi di daerah pesisir, dibandingkan dengan danau dan kolam kecil yang rentan terhadap polusi jangka pendek dari hal-hal seperti hujan musim panas yang lebat atau kekeringan.

10 Negara dengan Air Terbersih untuk Berenang di Alam Terbuka:

  1. Austria
  2. Malta
  3. Yunani
  4. Kroasia
  5. Siprus
  6. Denmark
  7. Jerman
  8. Bulgaria
  9. Lithuania
  10. Portugal