Cari Matahari dan Kehangatan saat Musim Dingin di Eropa? Lima Ibu Kota Negara Ini Bisa Anda Kunjungi
Ilustrasi kota-kota hangat di Eropa saat memasuki musim dingin searah jarum jam, Valletta, Tirana, Roma, Lisabon dan Athena. (Kolase/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Seiring dengan masuknya musim dingin, sejumlah kota di Eropa bisa Anda kunjungi tanpa perlu khawatir musim dingin yang menusuk, menjadi pilihan bersahabat bagi Anda yang mencari kehangatan.

Melansir Euronews 22 November, salah satu agen perjalanan Portugis menyebut sejumlah wilayah di Benua Biru bisa menjadi tempat sempurna liburan musim dingin yang hangat dengan sinar matahari.

Visit Cascais, yang melaporkan, lebih dari 8.000 orang Inggris saat ini menelusuri pencarian 'matahari musim dingin' di Google, juga telah mengidentifikasi pantai terdekat ke setiap kota, sehingga Anda dapat menikmati cuaca yang lebih hangat dengan pakaian renang Anda.

Berikut pilihan teratas untuk pecinta matahari yang mencari liburan di Eropa pada musim dingin ini

5. Tirana, Albania

tirana
Ilustrasi Tirana, Albania. (Wikimedia Commons/Albinfo)

Ibu kota Albania, Tirana, terkenal dengan arsitekturnya yang penuh warna, termasuk landmark dari era Ottoman dan Uni Soviet. Kota ini juga menawarkan hutan vertikal yang luar biasa dari arsitek Stefano Boeri.

Ada banyak alasan untuk mengunjungi kota ini selain iklimnya yang nyaman, yang mencapai suhu tertinggi rata-rata 17 derajat sepanjang November dan 15 derajat pada Bulan Desember.

Meskipun perjalanan yang lebih panjang dari Eropa utara, Anda dijamin mendapatkan tempat di bawah sinar matahari. Rata-rata suhu luar maksimum pada Bulan November dan Bulan Desember 15 derajat Celcius.

Sementara, rata-rata suhu air laut maksimal 15 derajat Celcius. Pantai terbaik terdekat di kota ini? Pantai Durrës, Durrsit

4. Roma, Italia

roma
Ilustrasi Roma, Italia. (Wikimedia Commons/2pi.pl)

Seperti Paris, Prancis, ibu kota Italia ini merupakan ide yang bagus jika Anda mencari matahari. Meski terkenal sebagai tujuan perkotaan, dibutuhkan kurang dari satu jam untuk mencapai pantai di kota tersebut.

Ada banyak pantai lokal yang indah untuk dipilih, dan Anda akan senang berenang dengan suhu air rata-rata 21 derajat Celcius, bahkan di Bulan Desember.

Faktanya, suhu laut setempat diperkirakan lebih hangat daripada suhu di luar, jadi jika Anda mencari liburan kota dengan sisi berenang, Roma adalah pilihan yang bagus.

Rata-rata suhu luar ruangan maksimum pada Bulan November dan Desember di kota tersebut berkisar 15 derajat Celcius, sementara suhu air laut maksimal 21 derajat Celcius. Pantai terbaik terdekat? Pantai Tibidabo.

3. Athena, Yunani

athena
Ilustrasi Athena, Yunani. (Wikimedi Commons/A.Savin)

Mencari kehangatan musim dingin di kota klasik? Athena bisa menjadi pilihan dengan suhu air yang lebih hangat.

Sementara sebagian besar pelancong akan memikirkan pemandangan bersejarah dan reruntuhan Yunani ketika mereka mempertimbangkan Athena, ada sejumlah pantai umum di luar kota yang merupakan tambahan sempurna untuk jadwal liburan kota.

Tercatat sebagai ibukota dengan cuaca paling cerah dalam daftar ini dibanding empat ibu kota lainnya, kota ini disinari matahari selama 268 pada tahun 2020 lalu atau hampir 75 persennya.

Rata-rata suhu luar ruangan maksimum pada Bulan November dan Desember di kota ini mencapai 17 derajat Celcius. Sementara, rata-rata suhu air laut maksimal 20 derajat Celcius. Pantai terbaik terdekat? Pantai Glyfada, Glifada

2. Lisabon, Portugal

lisabon
Ilustrasi Lisabon, Portugal. (Wikimedia Commons/M.Peinado)

Ibu kota Portugal, Lisbon, dan wilayah Cascais di sekitarnya berjemur sepanjang tahun, dengan suhu rata-rata 17 derajat Celcius hingga akhir tahun.

Bernardo Barros, presiden di Visit Cascais mengatakan, 'dengan 226 hari cerah setiap tahun, dan suhu rata-rata mendekati 20 derajat pada akhir tahun, Portugal adalah tujuan sempurna bagi orang-orang yang ingin melarikan diri dari cuaca dingin, untuk menikmati mandi matahari di Eropa selatan."

Dia menggambarkan Cascais sebagai harta terpendam Portugal, dengan matahari, makanan yang sangat baik, pantai yang masih asli, dan banyak budaya.

Rata-rata suhu luar maksimum pada Bulan November dan Desember sekitar 17 derajat Celcius. Sementara, rata-rata suhu air laut maksimal 19 derajat Celcius. Pantai terbaik terdekat di kota ini? Praia do Tamariz, Cascais

1. Valletta, Malta

valletta
Ilustrasi Valletta, Malta. (Wikimedia Commons/Bengt Nyman)

Jika Anda benar-benar ingin mencari matahari dan kehangatan saat memasuki musim dingin di Eropa, jawabannya adalah ibu kota Malta, Valletta, adalah pilihan terbaik Anda.

Dengan suhu laut maksimum rata-rata di bawah 20-an derajat Celcius hingga Desember, Malta adalah tujuan ideal bagi mereka yang ingin menikmati berenang di laut hingga Tahun Baru.

Malta memiliki lebih dari 230 hari cerah setiap tahun (menjadikannya cerah lebih dari 63 persen sepanjang tahun), dengan suhu rata-rata di luar ruangan sekitar 19 derajat Celcius sepanjang Bulan November dan Desember.

Sementara, rata-rata suhu air laut maks: 22 derajat Celcius. Sedangankan pantai terbaik di kota ini yakni St. Elmo Bay, Valletta. Tertarik mencoba?