Bagikan:

JAKARTA - Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) dinobatkan sebagai kota pantai terbaik dunia dalam sebuah studi oleh Compare the Market.

Situs pembanding harga tersebut mengungkapkan, Dubai seolah menjadi 'pencakar langit', menjadi yang teratas dengan kombinasi utama kota dan pantai.

Rumah bagi resor megah, perbelanjaan mewah, restoran kelas atas dan beberapa garis pantai yang masih asli, kota ini mendapat skor 8,13 dari maksimum 10 dalam penelitian ini.

Emirat menempati peringkat pertama untuk suhu rata-rata tahunan, yang berkisar sekitar 27 derajat, meskipun para peneliti mencatat bahwa "pada puncak musim panas, bahkan mungkin terlalu panas".

Curah hujan tahunan rata-rata super rendah kurang dari 160 milimeter juga berarti wisatawan yang mengunjungi Dubai tidak mungkin terjebak dalam hujan, melansir The National News 26 Mei.

Tak hanya itu, Kota Dubai juga memiliki banyak hal yang berkaitan dengan lebih dari 3.315 kegiatan dan lebih dari 12.000 restoran.

Sementara itu, tempat kedua untuk kota pantai terbaik dunia diperebutkan dengan sengit antara Dubrovnik dari Kroasia dan Valencia dari Spanyol.

Kota Adriatik, yang menjadi lokasi Kings Landing dalam acara TV terkenal Game of Thrones, menduduki puncak studi karena memiliki banyak hal untuk dilihat dan dilakukan dan jumlah restoran tertinggi per 100.000 orang.

Adapun kota terbesar ketiga di Spanyol mendapat skor tinggi secara menyeluruh dengan hasil teratas sebagai tempat yang aman untuk dikunjungi dan curah hujan rata-rata tahunan yang rendah.

Para peneliti di Compare the Market menganalisis 35 kota pesisir di seluruh dunia menggunakan peringkat TripAdvisor, tagar Instagram, laporan cuaca hingga peringkat keamanan dari platform data crowdsourced Numbeo.

Valencia bukan satu-satunya kota di Spanyol dalam daftar, dengan empat dari 10 kota teratas milik surga Mediterania, karena Alicante, Palma De Mallorca, dan Barcelona juga masuk dalam daftar tersebut.

Berikutnya, ada tetangga Spanyol, Portugal yang menempatkan wakilinya Funchal Madeira di peringkat kesembilan, Honolulu (Amerika Serikat) dan Limassol Siprus melengkapi daftar tersebut.

Terpisah, Dubai juga telah merayakan berita perjalanan milik Google. Burj Khalifa di kota itu, gedung tertinggi di dunia, dinobatkan sebagai gedung yang paling banyak ditonton di Google Street View oleh perusahaan teknologi, diikuti oleh Taj Mahal India dan Menara Eiffel Paris.

Dengan skor keseluruhan 4,5 dari 7, Emirates juga merupakan peringkat tertinggi di dunia untuk bandara dan transportasi udara terbaik. UEA mendapat skor tinggi untuk layanan cerdas dan reputasinya sebagai tempat yang aman untuk dikunjungi wisatawan.

Selain memimpin peringkat Mena, UEA berada di peringkat 25 secara global, naik satu peringkat jika dibandingkan dengan studi yang setara pada tahun 2019.

10 Kota Pantai Teratas di Dunia:

  1. Dubai
  2. Dubrovnik dan Valencia (imbang)
  3. Alicante
  4. Palma De Mallorca
  5. Hongkong
  6. Honolulu
  7. Barcelona
  8. Funchal
  9. Limassol