3 Nama Capres yang Diumumkan di Rakernas NasDem akan Ditawarkan ke Koalisi
Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya/DOK VOI- Nailin In Saroh

Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya memastikan partainya bakal segera membangun koalisi dengan partai politik lain usai mengumumkan tiga nama calon presiden (capres) dalam rapat kerja nasional (rakernas) 2022.

Willy mengatakan, tiga nama capres tersebut akan ditawarkan kepada partai-partai politik sebagai modal untuk membangun koalisi menuju Pilpres 2024.

"Kami akan taaruf, kami akan bangun kesepahaman dengan partai-partai lain dengan tiga nama ini siapa yang kira-kira mereka akan cocok. Atas dasar itulah kemudian koalisi dibangun," ujar Willy kepada wartawan, di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Jumat, 17 Juni. 

Willy menilai, komunikasi dengan partai lain harus segera dibangun untuk mengusung capres yang sama di dalam koalisi. Sebab menurutnya, hal itu merupakan keniscayaan, NasDem tidak bisa mengusung capres sendiri. 

"NasDem baru memiliki separuh tiket. NasDem belum memiliki boarding pass. Maka kami akan berdialog," ungkapnya.

Terkait rencana menawarkan tiga nama capres ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), Willy mengaku membuka kemungkinan tersebut. Dia menegaskan, NasDem terbuka juga dengan partai-partai oposisi dan di luar KIB seperti Demokrat atau PKS. 

"Bisa saja. NasDem tidak punya handicap dengan partai mana pun dan NasDem tidak memiliki, harus pilih ini pilih itu, enggak. Yang penting kan, Pak Surya bilang, jangan kemudian kita selalu ego 'Oh kita lebih Pancasilais lebih Indonesianis, mereka ndak, enggak'," katanya.

Willy mengatakan, NasDem tidak terkotak dengan identitas nasionalis dan religiu.

"Karena kita bertarung, kita bertempur, dalam koridor konstitusi yang sama," tambahnya. Siapa pun itu. Kita tidak pilih kasih. Tak ada bawang putih Bawang Merah," pungkasnya.