Isolasi 35 Hari, Ketua KPU Arief Budiman Dinyatakan Sembuh COVID-19
Ketua KPU Arief Budiman beserta jajarannya (foto dok. KPU RI)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman telah dinyatakan sembuh dari COVID-19 setelah menjalani isolasi mandiri selama 35 hari. Hal ini dikonfirmasi oleh Plh Ketua KPU RI Ilham Saputra.

"Terkait dengan perkembangan kesehatan Ketua KPU, tes swab Saudara Arief Budiman baru diketahui hasilnya pada hari ini, Senin, dan hasilnya negatif," kata Ilham kepada wartawan, Senin, 26 Oktober.

Kata Ilham, Arief menjalani tes swab, cek darah, dan foto scan throax pada Jumat, 23 Oktober. Selain Arief, Ilham juga menyebut Komisioner KPU RI Pramono Ubaid Tanthowi juga telah menjalani tes swab di hari yang sama.

Hasil tes swab Pramono keluar pada Sabtu, 24 Oktober dan juga dinyatakan telah sembuh dari COVID-19. "Secara total, keduanya telah melakukan isolasi selama kurang lebih 35 hari," ungkapnya.

Ilham melanjutkan, pada hari ini seluruh Komisioner KPU RI telah menggelar rapat pleno di Kantor KPU RI. Dalam rapat pleno tersebut, dipututuskan bahwa Arief Budiman kembali bertugas sebagai Ketua KPU RI mulai besok, Selasa, 27 Oktober. 

Sementara, Pramono yang selama ini tetap aktif sebagai Anggota KPU RI namun melaksanakan tugas secara WFH, mulai hari ini telah bekerja seperti biasanya. 

"KPU RI mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, baik instansi pemerintah, RSPAD, Satgas COVID-19, Puskesmas Pejaten Barat, serta para tenaga kesehatan yang selama ini merawat dan memantau kesehatan kedua pimpinan KPU RI sehingga keduanya pulih seperti sedia kala," jelas Ilham.

 

Seperti diketahui, Ketua KPU Arief Budiman menyatakan dirinya terinfeksi positif COVID-19 usai melakukan tes swab pada tanggal 17 September malam. Arief sempat dirawat di RSPAD Gatot Subroto untuk menjalani pengobatan COVID-19 yang lebih intensif.

Dua hari kemudian, Komisioner KPU RI Pramono Ubaid Tanthowi mengumumkan dirinya terinfeksi COVID-19 pada Sabtu, 19 September. Pramono mengaku tidak mengalami gejala apapun, atau masuk dalam kategori kasus COVID-19 tanpa gejala. 

Demi kelancaran perawatan di rumah sakit serta penyelenggaraan Pilkada 2020, Arief Budiman menunjuk Komisioner KPU RI Ilham Saputra sebagai pelaksana harian (Plh) Ketua KPU.