Jemaah Gunung Kidul Dijadwalkan Berangkat ke Tanah Suci pada 18 Juni
Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Gunung Kidul Azis Saleh/Foto: Antara

Bagikan:

GUNUNG KIDUL - Jemaah calon haji asal Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci pada 18 Juni 2022.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Gunung Kidul Azis Saleh di Gunung Kidul, Senin 13 Juni, mengatakan, jemaah asal Gunung Kidul yang terdiri atas 184 orang rencananya diberangkatkan ke Arab Suci menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GIA 6121 pada 18 Juni 2022 pukul 11.30 WIB.

Sebelum berangkat ke Tanah Suci, jemaah asal Gunung Kidul yang tergabung dengan kelompok terbang 21 Embarkasi Solo akan singgah di Asrama Haji Donohudan di Kabupaten Boyolali.

Menurut Azis, jemaah Gunung Kidul akan diberangkatkan menuju ke Asrama Haji Donohudan pada 17 Juni 2022 sekitar pukul 09.00 WIB.

"Jemaah calon haji Gunung Kidul bersama dengan Kabupaten Sleman akan menempati sektor 4 maktab 33," kata Aziz mengenai lokasi penempatan jemaah di Tanah Suci Mekkah.

Ia menjelaskan pula bahwa jemaah calon haji Gunung Kidul terdiri atas 87 pria dan 97 perempuan dengan anggota jemaah paling muda berusia 28 tahun dan yang paling tua berusia 64 tahun.

Menurut dia, jemaah haji Gunung Kidul meliputi pegawai negeri, pedagang, pekerja swasta, ibu rumah tangga, petani, mahasiswa, serta aparat TNI/Polri.

"ASN masih mendominasi calon haji, yakni berjumlah 110 orang," katanya dikutip Antara.

Kepala Kantor Kementerian Agama Gunung Kidul Sa'ban Nuroni mengatakan bahwa semua calon haji dipastikan mendapat vaksinasi dan menjalani pemeriksaan COVID-19 sebelum berangkat.

"Kita berharap semua dalam keadaan sehat, berangkat 184 orang pulang dari Tanah Suci jumlahnya utuh," katanya.

Sementara itu, Bupati Gunung Kidul Sunaryanta mengingatkan para calon haji untuk menjaga kesehatan agar bisa melaksanakan ibadah haji dengan lancar dan baik di Tanah Suci.

"Pulang di Gunung Kidul dengan sehat, bertemu dengan keluarga dan orang orang terkasih. Kembali ke masyarakat dengan menyandang haji yang mabrur," kata Bupati.