Calon Haji Jateng dan DI Yogyakarta Tiba di Tanah Suci per 27 Juni: 11.835 Jemaah, 14 Sakit dan 3 Meninggal
Ilustrasi jemaah calon haji asal Indonesia menjalankan ibadah pada keberangkatan 2022. (ANTARA-Saudi Ministry of Me)

Bagikan:

SOLO - Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo mencatat jemaah Embarkasi Solo yang sudah tiba di Tanah Suci hingga kloter 33 sebanyak 11.835 orang.

Koordinator Humas PPIH Embarkasi Solo, Sarip Sahrul Samsudin, menjelaskan dari total yang sudah tiba, jemaah yang sakit dan dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Makkah Arab Saudi jumlahnya 14 orang.

Sedangkan jemaah asal Embarkasi Solo yang wafat di Tanah Suci, ada tiga orang.

Terkini sebanyak 12.215 jemaah Embarkasi Solo yang berasal dari Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Adi Soemarmo, Boyolali.

Adapun sebanyak 60 calon haji asal Batang dan Boyolali yang tergabung kloter 34 berangkat pukul 04.34 WIB, Senin 27 Juni.

Disusul keberangkatan kloter 44 atau cadangan gabungan calon haji asal Banyumas, Cilacap, Kabupaten Semarang, Tegal, Salatiga, Pemalang, Wonosobo, dan Demak sebanyak 20 orang.

Namun, kloter cadangan ini, diberangkatkan melalui Embarkasi Pondok Cabe, Jakarta, pukul 05.41 WIB, Senin 27 Juni.

"Sehingga, jumlah calon haji Embarkasi Solo hingga kloter 34 ditambah kloter 44 atau kloter cadangan 20 orang total yang sudah diberangkatkan ke Tanah Suci, sebanyak 12.215 orang atau sekitar 78,9 persen dari total rencana penyelenggaraan tahun ini," kata Sarip di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jateng, dikutip dari Antara, Senin 27 Juni.

Dia menambahkan, calon haji dari Embarkasi Solo yang tertunda karena sakit dan dirujuk di rumah sakit tinggal tiga orang, yakni jemaah kloter 29, 30, dan 31 masing-masing satu orang. Jumlah itu, dua orang dirawat di RS TNI AU Karanganyar dan satu lainnya di Klinik Asrama Haji Donohudan.

PPIH Embarkasi Solo, lanjut Sarip, dijadwalkan juga akan memberangkatkan calon haji asal Boyolali dan Pemalang tergabung kloter 35 ke Tanah Suci, Senin. Rombongan calon haji itu, akan diberangkatkan ke Arab Saudi, melalui Bandara Adi Soemarmo Boyolali, pada pukul 19.25 WIB.

"Kami juga akan kedatangan jamaah calon haji asal Pemalang, Magelang, dan Kabupaten Semarang tergabung kloter 36 di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Senin, pukul 18.00 WIB. Jemaah kloter 36 ini, dijadwalkan diterbangkan ke Tanah Suci, Selasa (28 Juni), pukul 18.15 WIB," tandasnya.