Ini Link Streaming Proses Kepulangan Hingga Pemakaman Eril Putra Ridwan Kamil di Indonesia
Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama Arka, anak adopsi adik dari Eril. (dok Humas Pemkot Bandung)

Bagikan:

JAKARTA - Jenazah Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril, putra sulung Ridwan Kamil, dalam perjalanan menuju Tanah Air. Namun masyarakat Jawa Barat sudah memadati rumah duka di Gedung Pakuan Bandung Jawa Barat.

Mencegah kerumunan dan padatnya akses menuju lokasi takziah dan ziarah, Atalia Praratya, istri Ridwan Kamil, mengimbau agar masyarakat menjalaninya di rumah saja. Masyarakat dapat mengaksesnya lewat televisi maupun lewat layanan streaming.

Hal itu disampaikan Atalia melalui akun Instagram miliknya, @ataliapr, Minggu 12 Juni.

"Untuk menghindari kemacetan dan ziarah yang lebih nyaman, kami menghimbau agar para penziarah datang di hari-hari berikutnya (selasa 14.06.22 sd ahad 19.06.22 pukul 08.00-17.00) dan menyaksikan prosesi pemakaman Eril di media televisi, radio atau live streaming youtube," ujar ibunda Eril.

Adapun bagi masyarakat yang ingin takziah secara online tanpa langsung ke rumah duka dapat mengakses TV Pool Humas Jabar atau akun Youtube Humas Jabar.

Masyarakat juga dapat mengakses akun YouTube VOI untuk menyaksikan jalannya prosesi kepulangan hingga pemakaman Eril.

Seperti diketahui, proses kepulangan jenazah Eril sudah berlangsung sejak kemarin. Ridwan Kamil yang menemani jenazah Eril mulai dari kepulangan dari Kota Zurich, Swiss, kemudian transit di Doha, Qatar, lantas melanjutkan menuju Indonesia.

Pesawat komersil Qatar Airways yang ditumpangi keduanya bernomor penerbangan QTR956. Berdasarkan penelusuran redaksi, pesawat Qatar Airways rute Doha-Jakarta itu berjenis Boeing 787-8 Dreamliner dengan kode registrasi A7-BCU. Pesawat itu akan mengantarkan Ridwan Kamil dan jenazah Eril hingga Bandara Soekarno Hatta (Soetta) Tangerang Banten.

Setibanya di Soetta yang dijadwalkan pada sore ini, Ridwan Kamil akan langsung membawa jenazah Eril ke Bandung untuk disemayamkan di rumah duka di Gedung Pakuan.

Ketika malam berganti, jelang siang prosesi kepulangan Eril berlanjut ke pemakaman. Remaja kelahiran New York Amerika Serikat itu akan dikebumikan di pemakaman keluarga di Cimaung, Kabupaten Bandung. Lahan luas itu juga bakal lokasi berdirinya Yayasan Islamic Centre Baitulridwan yang telah direncanakan Ridwan Kamil sejak 2019.