Antisipasi Copet saat Musim Panas, Otoritas Barcelona Gelar Operasi Khusus, Efektif Lindungi Turis?
Ilustrasi turis di Barcelona. (Wikimedia Commons/Scorpio835)

Bagikan:

JAKARTA - Otoritas Barcelona, Spanyol telah meluncurkan rencana baru untuk mengatasi kejahatan selama musim panas, karena jumlah turisdan kejahatan terhadap turis, kembali ke tingkat sebelum pandemi.

Di bawah 'Operasi Musim Panas', dewan kota mengumumkan akan ada 12 persen lebih banyak petugas polisi di jalan-jalan tersibuk daripada tahun lalu, dan hukuman yang lebih keras terhadap pencopet berulang.

Ibu kota Catalonia ini terkenal penuh dengan pencopet. Pada 2018 rata-rata ada 12 pencopetan per jam, menurut Kementerian Dalam Negeri Spanyol. Penurunan besar dalam perampokan jalanan pada tahun 2021, anjlok 56 persen dibandingkan dengan 2019, menunjukkan surutnya turis adalah kontributor besar.

Sekarang, saat pengunjung sekali lagi memenuhi jalur gelap Gothic Quarter, penjahat ringan juga kembali. Lebih dari 80 orang ditangkap selama satu akhir pekan dari 20-21 Mei, sebagian besar karena pencopetan, menurut laporan media lokal.

Pengacara yang bertugas di pengadilan hukum 'Ciutat de la Justicia' Barcelona, telah menyamakan arus masuk dengan angka terburuk tahun 2019, Crónica Global melaporkan, bahkan sebelum musim puncak turis.

Dalam upaya untuk memerangi gelombang kejahatan lain, wakil walikota dan kepala keamanan, Albert Batlle, hari ini (30 Mei) mengumumkan rencana tujuh cabang untuk membuat Barcelona lebih aman.

"Kami tidak ingin menghabiskan musim panas ini seolah-olah ini adalah nasib tanpa harapan yang harus kami serahkan, seperti salah satu wabah Mesir," katanya pada konferensi pers, dikutip dari Euronews 12 Juni.

Tindakan pertama adalah mencegah pencopetan dan menindak pelanggar berulang, yang sebelumnya hanya didenda dalam jumlah kecil yang sama karena mencuri barang senilai kurang dari 400 euro.

Ilustrasi copet di barcelona
Ilustrasi copet. (Wikimedia Commons/A1AA1A)

Guàrdia Urbana (polisi kota) Barcelona, ​​​​bekerja bersama Mossos d'Esquadra (polisi daerah) pemerintah Catalan, akan memberlakukan rencana baru untuk mendeteksi pencuri sebelum mereka dapat menyerang lagi.

Lebih banyak patroli keamanan publik, yang dilakukan oleh petugas polisi berseragam dan berpakaian preman, sedang dilakukan di daerah-daerah "di mana terdapat konsentrasi besar individu dan perusahaan kehidupan malam," terang juru bicara Dewan Kota kepada Euronews Travel.

Rencana keamanan akan fokus pada hotspot di kota tua (Ciutat Vella), Eixample dan kawasan wisata dan komersial tersibuk, serta pantai Barcelona.

Turis juga dapat menemukan diri mereka di ujung tajam dari tindakan yang lebih keras untuk perilaku mabuk dan tidak tertib, dengan perhatian khusus diberikan pada insiden di sekitar akomodasi wisata, Dewan Kota menambahkan.

Bagaimana turis bisa melindungi diri mereka sendiri di Barcelona? Karena turis telah lama menjadi sasaran pencuri di Barcelona, ​​​​polisi regional telah membagikan beberapa tip untuk membantu orang tetap waspada.

Mereka menyarankan untuk menyimpan barang-barang di saku bagian dalam Anda, dan mengenakan tas Anda di depan Anda, untuk menghindari serangan dua arah dari 'penguntit' dan 'pemetik'. Di sinilah satu orang mungkin menabrak Anda dari samping atau di depan, membuat Anda terkena pencuri kedua di belakang yang merogoh saku atau tas Anda.

Perhatian khusus harus diberikan pada transportasi umum dan dengan telepon Anda di bar dan restoran.

Mossos d'Esquadra menambahkan, ada baiknya menyembunyikan jam tangan mahal atau perhiasan lainnya dari mata-mata. Jika Anda terjebak dalam perampokan - atau menyaksikan pelanggaran, hubungi nomor polisi darurat di 112.

Terkait