Bagikan:

YOGYAKARTA – Pesona kota-kota di Eropa membuat turis dari berbagai belahan dunia rela menghabiskan waktu untuk liburan di tempat tersebut. Sayangnya, Eropa tak sepenuhnya aman dari kriminalitas, khususnya yang mengincar para turis.

Salah satu jenis kejahatan yang banyak terjadi di kota besar Eropa adalah aksi pencopetan. Tidak semua kota rawan pencopetan. Bagi turis Indonesia yang berencana untuk ke luar negeri, disarankan untuk tahu daftar kota di Eropa rawan copet.

Kota di Eropa Rawan Copet

Aksi pencopetan di kota besar Eropa biasanya dilakukan tanpa disadari oleh korban. Turis Indonesia harus waspada di kota-kota berikut ini.

  1. Amsterdam, Belanda

Di balik keindahan pemandangan alam di Amsterdam ternyata banyak kasus pencopetan menimpa turis. Salah satu titik yang rawan aksi kejahatan misalnya Red Light Districy atau titik di area pusat kota. Disarankan untuk menyimpan barang berharga dengan aman saat mengunjungi tempat padat dan ramai seperti area kereta bawah tanah, pasar, atau pusat perbelanjaan.

  1. Paris, Prancis

Salah satu destinasi favorit di Paris adalah Menara Eiffel. Sayangnya di sini pula aksi pencopetan kerap terjadi. Bahkan, teknik yang digunakan untuk mencuri barang berharga para turis sangat cepat dan samar sehingga korban baru menyadarinya saat sudah jauh dari pusat wisata. Beberapa daerah rawan copet di Paris seperti Montmartre, area Louvre, atau kawasan ramai lain seperti kereta bawah tanah.

  1. Roma, Italia

Komplotan copet di Roma, Italia sering menargetkan turis yang berkunjung ke kota mereka saat melancarkan aksi. Kota tersebut memang sangat ramai karena jadi destinasi wisata favorit di Italia. Beberapa kawasan rawan copet di Roma seperti area Colosseum, St. Peter's square, Spanish Steps, Trevi Fountain, dan St Peter's Basilica.

  1. Naples, Italia

Selain Roma, Italia punya kota lain yang rawan copet yakni di Naples. Kota ini terkenal dengan pantai dan warisan budayanya. Namun komplotan copet membuat kota ini tidak begitu aman. Beberapa area yang rawan terjadi pencopetan misalnya Piazza Garibaldi dan Stasiun Napoli sekitarnya.

  1. Praha, Ceko

Kota Praha cukup padat dan ramai oleh turis yang lalu lalang. Namun saat turis lengah karena sedang menikmati liburannya, copet akan dengan cepat mengambil harta benda seperti uang, ponsel, dan sebagainya.

  1. Athena, Yunani

Di balik terkenalnya kota Athena, ternyata menyimpan banyak aksi kejahatan yang tersembunyi. Salah satu kawasan yang cukup rawan di Yunani adalah Museum Acropolis. Bagi turis yang berkunjung ke Athena, disarankan tetap waspada khususnya saat terjebak di kerumunan.

  1. Barcelona, Spanyol

Spanyol punya kota yang terkenal karena arsitekturnya sekaligus aksi pencopetan yakni di Barcelona. Biasanya wisatawan akan lengah saat menikmati keindahan arsitektur di Barcelona. Saat lengah itulah pencopet akan melancarkan aksinya. Turis harus tetap waspada saat berada di Barcelona terutama di area La Rambla, jalan yang ramai dengan toko serta restoran,

  1. Istanbul, Turki

Kota ini terkenal dengan peninggalan Islam dan sejarah Turki. Sayangnya banyak oknum yang membuat turis kehilangan barang berharganya saat liburan. Di Istanbul, area yang rawan copet seperti Distrik Sultanahmet.

Itulah beberapa kota di Eropa rawan copet. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.