Sekjen PDIP Ungkap Kriteria Capres yang Bakal Dipilih Megawati di Pilpres 2024
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (DOK VOI/Wardhany Tsa Tsia)

Bagikan:

JAKARTA - Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Krisyanto mengatakan ada beberapa kriteria yang akan diperhatikan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat memilih calon presiden (capres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Salah satunya, melihat karakter dan daya juang.

Hasto juga mengatakan Megawati akan melihat rekam jejak dari para calon yang akan didukung oleh PDIP. Sehingga, mereka yang dicalonkan bukan tokoh sembarangan.

"Ibu Mega di dalam tradisi beliau untuk calon pemimpin itu melihat rekam jejaknya, melihat karakternya, melihat daya juangnya," kata Hasto kepada wartawan di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat, 10 Juni.

Tak hanya itu, kriteria lain yang harus dimiliki calon itu adalah mereka yang mau mendengarkan aspirasi rakyat.

"Kemudian sebagai insan yang percaya pada Tuhan, tentu juga memohon petunjuk dari Tuhan Yang Maha Kuasa," ujar Hasto.

Dari berbagai kriteria itu, Hasto masih belum bicara banyak soal sosok yang akan dimajukan sebagai capres di Pilpres 2024 oleh PDIP. Namun, dia memastikan ada sejumlah kadernya yang sudah dipersiapkan.

"Tidak bermaksud menyombongkan diri, dari jumlah kader-kader yang telah dipersiapkan melalui sekolah partai, banyak yang menjalankan amanat rakyat," tegasnya.

"Itulah yang dilakukan melalui kaderisasi ini. Ini adalah jawaban untuk menghasilkan pemimpin-pemimpin yang mumpuni," pungkas Hasto.