Pemindahan Markas Polda Kalsel dari Banjarmasin ke Banjarbaru Mulai 2023
Lokasi pelaksanaan proyek pembangunan Mapolda Kalsel di Banjarbaru. ANTARA/Firman

Bagikan:

BANJARMASIN - Pemindahan Markas Komando Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan dari Banjarmasin ke Banjarbaru dilaksanakan bertahap mulai 2023 setelah pembangunan gedungnya rampung akhir tahun ini.

"Akhir November 2022 markas komando baru selesai 100 persen, jadi tahun depan mulai pemindahan," kata Kapolda Kalsel Irjen Rikwanto, di Banjarmasin, dikutip Antara, Jumat, 10 Juni.

Untuk saat ini hasil laporan kontraktor pelaksana proyek, kata dia, pembangunan Markas Polda Kalimantan Selatan baru telah mencapai 7,9 persen. Capaian itu sesuai rancana pelaksanaan pembangunan fisik selama 270 hari kerja sejak 28 Maret 2022 hingga 19 Desember 2022.

Dia berharap pembangunan Mapolda Kalsel yang baru bisa selesai sesuai rencana dengan kualitas pekerjaan baik eksterior maupun interior yang telah dikonsep dari awal.

Rikwanto mengakui keberadaan Markas Komando Polda Kalimantan Selatan di Banjarbaru akan jauh lebih baik daripada Mapolda saat ini di Banjarmasin, sehingga menjadi warisan bagi generasi berikutnya untuk bisa bertahan puluhan tahun kemudian.

Pembangunan gedung Markas Komando Polda Kalimantan Selatan yang berlokasi di Jalan Darma Praja Timur, Kelurahan Sungai Tiung, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru itu senilai Rp131 miliar.

Rencananya Mako Polda Kalimantan Selatan, di Jalan S Parman, Banjarmasin, saat ini akan dijadikan Markas Polresta Banjarmasin dan lokasi yang ditinggalkan Markas Komando Polresta Banjarmasin untuk pengembangan Rumah Sakit Bhayangkara Banjarmasin yang berada di sampingnya.