Jasad Eril Utuh Saat Ditemukan di Bendungan Engehalde Akibat Dinginnya Sungai Aare
Foto via Bern.com

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bilang kondisi jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril utuh saat ditemukan di Bendungan Air Engehalde, Bern, Swiss. Semua akibat dinginnya suhu di Sungai Aare.

Penjelasan ini dia sampaikan usai memandikan jenazah Eril di salah satu rumah sakit di Swiss. Ridwan Kamil sebelumnya telah mengajukan izin ke luar negeri dari tanggal 9 hingga 19 Juni 2022 setelah mendapat kabar ditemukannya jasad Eril.

Dalam unggahan pada akun Instagramnya, Ridwan Kamil menjelaskan bahwa suhu dingin sungai Aare membuat jasad Eril masih utuh karena setengah membeku. Selain itu, tak banyak binatang yang hidup di sungai tersebut.

"Penjelasan ilmiah kenapa jasadnya utuh, Sungai Aare yang sedingin kulkas dan minim fauna membuat jasadnya terjaga setengah membeku, sehingga tetap utuh lengkap walau berada di dasar sungai selama 14 hari," katanya dalam akun Instagram ridwankamil, Jumat, 10 Juni.

Jasad Eril ditemukan pada sekitar pukul 06.50 pagi waktu Swiss atau pukul 11.50 WIB, Rabu 8 Juni. Keterangan yang diterbitkan Kepolisian Bern pada Kamis menyebutkan bahwa jasad Eril ditemukan oleh seorang pria di Bendungan Air Engehalde, Bern.

Ridwan Kamil pun mengungkapkan setelah dua hari jenazahnya diangkat ke tanah dari 14 hari pencarian di sungai, jenazah Eril masih utuh nan wangi. Laiknya mukzizat, Ridwan Kamil bersyukur atas apa yang dialaminya.

"Dan masyaallah. Walau sudah lewat 14 hari, jasadnya masih utuh lengkap tidak kurang satu apapun, wajah rapih menengok ke kanan dan saya bersaksi, jasad Eril wangi seperti wangi daun eucalyptus. Sungguh mukjizat kecil yang sangat kami syukuri," tutur Ridwan Kamil.

Dikutip dari laman Bern.com, Sungai Aare memiliki panjang 288 kilometer dan menjadi yang terpanjang di Swiss. Sepanjang rutenya, Sungai Aare akan melintasi banyak desa dan kota, berkelok-kelok melalui berbagai lanskap.

Sungai Aare bermuara di gletser Aar Bawah dan Atas di Bernese Oberland, kemudian melintasi tiga kanton Bern, Solothurn dan Aargau serta empat danau (Danau Brienz, Thun, Wohlen dan Biel). Rutenya ke utara berakhir di Koblenz, di mana ia memasuki Rhine.

Kualitas di Sungai Aare memang luar biasa baik. Bahkan kalau kita tidak sengaja minum, tidak perlu khawatir. Sungai Aare dalam kategori kualitas sangat baik versi UE pada tahun 2016.