Kabar <i>Reshuffle</i> Kabinet 15 Juni Berembus, Jokowi: Belum, Belum
Presiden Jokowi bersama Megawati Soekarnoputri/FOTO: Wardhany Tsa Tsia-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak bicara banyak soal adanya isu perombakan atau reshuffle kabinet.

Hal ini disampaikannya setelah meresmikan Masjid At-Taufiq di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu, 8 Juni.

"Belum. Belum," kata Jokowi kepada wartawan saat ditanya perihal isu reshuffle pada 15 Juni mendatang.

Setelah menjawab singkat, Jokowi langsung membalikkan badannya dan menuju ke mobil RI-1. Tak ada pernyataan lanjutan yang disampaikannya.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negera (Mensesneg) Pratikno sudah menjawab kabar reshuffle bakal digelar 15 Juni. Pratikno pun tidak membantah, namun dia mengatakan jika ada jadwal, bakal dibocorkan sedikit demi sedikit.

"Sekarang tanggal berapa? Ya nanti kalau sudah ada jadwal, bocorin dikit-dikit," kata Pratikno.

Sementara terkait isu ini, Wakil Ketua DPR dari Fraksi Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyebut belum mendengar kabar reshuffle kabinet yang bakal dilakukan Presiden Jokowi.

Ketua Harian Partai Gerindra itu juga mengaku belum mengetahui pos-pos kementerian mana yang akan mengalami perombakan. Tapi, dia yakin Presiden Jokowi tahu menteri apa yang mesti diganti apabila benar ada reshuffle kabinet. 

"Saya kurang tau pos-pos apa yang perlu direshuffle. Tapi kalau pun memang ada, tentunya presiden lebih tahu bidang mana yang mesti diperkuat, dan mana bidang yang harus kemudian diganti sama sekali," kata Dasco di gedung DPR, Jakarta, Rabu, 8 Juni.