Bagikan:

JAKARTA - Badan pengawas nuklir Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) mengatakan pada Hari Senin, Iran perlu sepenuhnya bekerja sama dengan inspekturnya mengenai pekerjaan nuklirnya yang tidak diumumkan.

Badan tersebut melaporkan pekan lalu, Iran belum memberikan penjelasan teknis yang kredibel untuk partikel uranium yang terdeteksi di beberapa lokasi.

Direktur Jenderal Badan Energi Atom Internasional (IAEA) Rafael Mariano Grossi mendesak Iran untuk "segera" melanjutkan pekerjaan dengan para penyelidik.

"Kami harus mengakui bahwa kami belum bisa mendapatkan hasil yang kami harapkan," kata Grossi kepada wartawan di sela-sela hari pertama pertemuan IAEA dengan 35 anggota dewan gubernur di ibu kota Austria, Wina, dikutip dari The National News 7 Juni.

"Ini akan menjadi pengingat bagi Iran, dan bagi kami, dan untuk semua orang, bahwa kami benar-benar perlu turun tangan untuk bekerja dan mengklarifikasi masalah ini yang sudah terlalu lama beredar," tambah Grossi.

"Masalah-masalah ini tidak akan hilang. Masalahnya di sini adalah bahwa Iran harus terus bekerja dengan kami. Mereka memiliki program nuklir yang sangat ambisius. Adalah kepentingan mereka sendiri untuk menyelesaikan ini."

Sementara itu, Naysan Rafati, Analis Senior Iran di International Crisis Group, mengatakan ada dua proses paralel namun saling terkait erat: negosiasi untuk memulihkan kesepakatan nuklir 2015 untuk mengatasi aktivitas nuklir Iran saat ini dan di masa depan, serta penyelidikan pengamanan IAEA untuk menyelesaikan pertanyaan tentang pekerjaan sebelumnya di situs yang tidak diumumkan.

"Yang terakhir telah berjalan secara tidak meyakinkan selama beberapa tahun, dan pada Bulan Maret, ketika pembicaraan di Wina mencoba untuk bergerak menuju kesimpulan, Teheran kembali berkomitmen untuk mengatasi masalah Badan," ujar Rafati kepada The National.

Dia tidak berpikir pesan yang dimaksudkan dari IAEA adalah untuk menggagalkan pembicaraan nuklir, tetapi lebih untuk menggarisbawahi pentingnya Iran menindaklanjuti kerjasama yang telah berkomitmen untuk itu.

"Tetapi selama beberapa minggu terakhir, dan sekali lagi dalam sambutannya Senin, Direktur Jenderal Grossi telah menyuarakan keprihatinan atas sejauh mana kerja sama Iran, meningkatkan kemungkinan bahwa Dewan dapat bergerak menuju resolusi untuk mengecam Iran."

Dalam pengarahannya pada Hari Senin, Grossi mengatakan dia tidak mendukung atau menentang kemungkinan pemungutan suara untuk mengecam Iran selama pertemuan minggu ini, menekankan pentingnya kerja sama yang berkelanjutan dengan Iran meskipun ada ketegangan baru-baru ini.

Sebelumnya pada Bulan Maret, Grossi mengatakan dalam pembaruan kepada dewan gubernur, pekerjaan inspeksi Badan telah "sangat terpengaruh" selama setidaknya 11 bulan sejak Februari 2021, karena pihak berwenang di Teheran memperpanjang implementasi perjanjian mengenai nuklirnya, terkait komitmen di bawah kesepakatan nuklir 2015 atau pakta Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA).

Dia mengatakan, perpanjangan dan rintangan yang berulang kali menimbulkan tantangan signifikan terhadap kemampuan otoritas, untuk mengembalikan kontinuitas pengetahuan pekerjaan nuklir Iran yang tidak diumumkan.

IAEA mengatakan, beberapa persediaan Iran dari semua uranium yang diperkaya [hampir 3.200 kilogram] telah diperkaya hingga 60 persen kemurnian, langkah teknis singkat dari tingkat tingkat senjata 90 persen.

Diketahui, pembicaraan dengan Teheran untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir 2015 terhenti awal tahun ini. Pembicaraan dimulai pada April tahun lalu di Wina, dengan tujuan membawa AS kembali ke kesepakatan dan membuat Iran mengurangi program nuklirnya yang ditingkatkan.

Pemerintahan mantan Presiden AS Donald Trump meninggalkan JCPOA pada 2018 dan memberlakukan sanksi terhadap industri minyak, logam dan tekstil Iran, serta pejabat senior dan komandan militer.

Sementara Menteri Luar Negeri Iran mengatakan kepada Forum Ekonomi Dunia bulan lalu, AS harus secara efektif mencabut sanksi ekonomi, alat utama untuk menekan Iran, jika ingin menyelamatkan kesepakatan.