Wajah Anies Terpampang di Mainan Hot Weels Bertema Formula E, Panitia Tegaskan Tak Ada Kerja Sama
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama sejumlah pejabat di arena sirkuit Formula E/DOK Instagram aniesbaswedan

Bagikan:

JAKARTA - Video yang menampilkan wajah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam kemasan mobil mainan merek Hot Wheels viral di TikTok.

Akun TikTok dengan nama @puterabanten363 yang mengunggah video tersebut menyebut mainan ini merupakan produk asli dari pihak Hot Wheels.

"Keren nih goodbener Anies. Perusahaan mainan Hot Wheels memajang foto mas Anies sebagai cover mainan yang diproduksinya," ujar akun @puterabanten363 dikutip pada Senin, 6 Juni.

Saat dikonfirmasi, VP Communication Organizing Committee Formula E Jakarta, Iman Sjafei menegaskan bahwa panitia pelaksana dan Formula E Operation (FEO) tidak memiliki kerja sama pengadaan merchandise dengan perusahaan Hot Wheels.

"Enggak ada merchandise seperti itu. Kalau merchandise resmi dari FEO sudah pasti itu enggak mungkin. Kalau merchandise, yang ngeluarin cuma FEO, desainnya dari FEO cuma kaos, topi, sama totebag," kata Iman saat dihubungi, Senin, 6 Juni.

Sehingga, Iman menegaskan jika kemasan mainan Hot Wheels yang menampilkan foto Anies beredar di pasaran, hal itu bukanlah merupakan merchandise resmi dari penyelenggara Formula E Jakarta.

Lagipula, dalam mekanisme kerja sama promosi dengan pihak Formula E, setiap perusahaan harus melakukan proses hitam di atas putih serta membayar biaya yang ditentukan.

"Kalau mereka, Hot Wheels, mau ngeluarin merchandise resmi namanya Formula E, itu sudah pasti ada pembicaraan sama FEO dan panitia lokal dengan mereka harus membayar," tuturnya.

Sebagai informasi, Formula E Jakarta digelar pada Sabtu, 4 Juni lalu di Jakarta International E-Prix Circiut (JIEC), Ancol, Jakarta Utara. Ajang balap mobil listrik ini turut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, para petinggi negara, hingga tokoh politik lainnya.