Arkana Aidan Misbach, Anak Angkat Sandaran Batin Ridwan Kamil Kehilangan Eril
Ridwan Kamil bersama anaknya Arkana Aidan Misbach. (Instagram ataliapr)

Bagikan:

JAKARTA - Arkana Aidan Misbach, dua tahun umurnya menjadi sandaran batin Ridwan Kamil. Duka masih menyelimuti sang ayah, sepeninggal Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril hilang hanyut di Sungai Aere, Swiss.

Hari ini Arkana pun dibawa Ridwan Kamil ke Gedung Sate Bandung. Ridwan Kamil kembali mengambil peran sebagai Gubernur Jawa Barat setelah digantikan wakilnya Uu Ruzhanul Ulum saat mengambil cuti mencari Eril di luar negeri.

Arkana memakai tshirt lengan pendek dibalut rompi fest berwarna gelap. Bocah cilik itu terlihat santai dengan jeans berwarna biru dan sandal.

Sedangkan ayahnya, juga mengenakan rompi. Namun, dengan dalaman formal.

Ridwan Kamil menggunakan kemeja putih lengkap dengan dasi hitam. Sementara tangannya menahan beban tubuh Arkana yang digendong mulai dari turun mobil menuju Gedung Sate.

Keduanya sempat bercengkrama dengan wartawan, tak lama sebelum Ridwan Kamil memimpin rapat dengan pegawai lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Arkana digendong Ridwan Kamil menjadi buah bibir sebagian warganet di Twitter. Mereka bertanya tentang sosok mungil yang menggemaskan tersebut.

Bayi itu diketahui anak bungsu Ridwan Kamil dan istrinya Atalia Praratya. Arkana merupakan anak angkat.

Arkana cilik yatim piatu. Kedua orangtua kandungnya telah meninggal dunia akibat COVID-19. Ridwan Kamil dan Atalia akhirnya memutuskan mengadopsi Arkana.

Kehadiran Arkana menambah lengkap rasa bahagia keluarga kecil Ridwan Kamil dan istrinya Atalia Praratya. Pasalnya pasangan itu telah lebih dahulu memiliki dua anak kandung yang beranjak dewasa Eril dan Camillia Laetitia atau Zahra.

Arkana diadopsi telah diumumkan Ridwan Kamil bersamaan dengan Hari Anak Nasional 2020. Lewat akun Instagramnya, @ridwankamil, ia mengumunkan kabar bahagia tersebut pada Kamis 23 Juli.

Dalam unggahan itu juga pria yang karib disapa Kang Emil itu mengungkapkan nama Arkana Aidan Misbach memiliki arti cahaya yang hangat serta menerangi dunia.

"Di Hari Anak Nasional ini, kami memulai mengasuh bayi laki-laki yatim piatu lucu ini yang ditinggalkan kedua orang tuanya. Kami beri nama anak kami Arkana Aidan Misbach [cahaya yang hangat dan menerangi dunia]," tulisnya dalam unggahan Instagram.

Dipanjatkan juga doa Ridwan Kamil kepada sang istri agar diberi kekuatan membesarkan Arkana menjadi pribadi yang saleh dan berguna di masa depan.

"Semoga Allah Swt membimbing saya dan Bu Cinta @ataliapr dalam membesarkan Arka menjadi anak saleh dan manusia khairunnas di masa depan," sambung Ridwan Kamil kala itu.

Hari ini tepat 12 hari Eril hilang di Swiss. Arkana dan kakaknya, Zahra, kerap menjadi teman terbaik kedua orang tuanya melewati masa-masa sulit sejak Eril dinyatakan hilang pada Kamis 26 Mei siang waktu setempat.

Kemarin sore, ibu Arkana, Atalia, membagikan momen yang memperlihatkan kehangatan keluarga itu di tengah duka lewat akun Instagramnya, @ataliapr. Atalia mengunggah video pendek Ridwan Kamil sedang menggendong Arkana yang mencium foto Eril.

"Arka juga sayang A Eril," tulis Atalia dalam unggahannya.

Terkait