Menparekraf: Banjarbaru Jadi Kota Kreatif Sub Sektor Kriya
Menperekraf Sandiaga Salahudin Uno (kiri) saat menjadi narasumber pada kegiatan lokakarya KaTa Kreatif di Kota Banjarbaru, Kalsel, Jumat (3/6/2022). Antara/Sukarli

Bagikan:

BANJARMASIN - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menilai Kota Banjarbaru di Provinsi Kalimantan Selatan maju dan berkembang dalam bidang ekonomi kreatif subsektor kriya atau seni kerajinan tangan.

"Dalam satu tahun ke depan kita ingin memastikan sektor kriya di kota ini dapat kita fasilitasi hingga bisa kita tetapkan Kota Banjarbaru sebagai kota kreatif subsektor kriya," ujar Sandiaga saat lokakarya KaTa Kreatif di Kota Banjarbaru, Kalsel dilansir Antara, Jumat, 3 Juni.

Sandiaga yang melakukan kunjungan kerja untuk meningkatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kalsel menyatakan, Kota Banjarbaru sebagai ibu kota provinsi Kalsel yang baru ditetapkan ini sangat berkembang pelaku ekonomi kreatif untuk menunjang sektor wisata daerah.

Menurut dia, dengan kebangkitan ekonomi kreatif pada sektor kriya di Kota Banjarbaru ini bisa membuka peluang usaha dan tenaga kerja. "Tadi kita sudah liat produk-produk terbaik dari Kota Banjarbaru ini, bahkan saya lagi pakai ini sebagiannya," tutur Sandi.

Dia pun memberi apresiasi atas produk kriya dari Kota Banjarbaru ini yang memanfaatkan limbah tak berguna menjadi produk yang indah, menawan dan bernilai ekonomi tinggi.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono mengucapkan, terima kasih atas kehadiran Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno untuk memberi semangat pelaku UMKM di kotanya.

"Mudah-mudahan semangat peserta hari ini bisa terus berlanjut dan menjadi inspirasi terutama para UMKM di Kota Banjarbaru," ujarnya.

Apalagi Menperekraf sudah menyatakan Kota Banjarbaru sebagai kota kreatif sub sektor kriya, hingga ini juga menjadi penyemangat bagi pemerintahannya untuk terus memajukan perekonomian kreatif ini.