Bagikan:

JAKARTA - Polda Metro Jaya mengerahkan 1.778 personel guna pengamanan gelaran balap mobil listrik Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

Jumlah personel ditentukan berdasarkan hasil pemetaan dan koordinasi dengan panitia penyelenggara.

"Kami sudah rapat koordinasi dengan panitia dan dari Polda Metro Jaya ada 1.778 personel," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E. Zulpan kepada wartawan, Kamis, 2 Juni.

Ribuan personel itu terdiri dari beberapa direktorat, satu di antaranya Direktorat Lalu Lintas yang bakal mengatur kendaraan di sekitar area balapan.

Sebab, gelaran Formula E bakal dipadati masyarakat karena berdasarkan data, tiket menonton sudah habis terjual. Sehingga, potensi kepadatan kendaraan bakal terjadi.

"Sehingga ini tentunya memerlukan tempat parkir para penonton yang tentunya sudah kami persiapkan," ungkapnya.

Kemudian, polisi lalu lintas (Polantas) pun akan menggelar skema pengalihan arus lalu lintas. Hanya saja, belum dirinci perihal skema yang bakal diberlakukan tersebut.

Karena itu, masyarakat yang tak memiliki kepentingan diimbau menghindari kawasan Ancol, Jakarta Pusat.

"(Pengalihan arus, red) sekitar Ancol saja," ucap Zulpan.

Sebagai informasi, polisi pun telah mempersiapkan skema pengamanan ketat di gelaran balap mobil listrik Formula E. Sebab, Presiden Joko Widodo direncanakan akan menyaksikan secara langsung.

Gelaran balap mobil listrik Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) pun berlangsung pada 4 Juni, mendatang.