Polisi Duga, Pasangan Pria dan Wanita Pencuri Motor di Kemayoran Berstatus Suami Istri
ILUSTRASI

Bagikan:

JAKARTA - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Metro Jakarta Pusat berhasil meringkus AR (25) salah satu pelaku eksekutor pencurian motor pada Selasa, 31 Mei.

Aksi pencurian motor yang dilakukan AR terekam kamera CCTV dan viral di media sosial. Peristiwa itu terjadi di kawasan Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin, 23 Mei, lalu.

Dalam aksinya, AR tidak sendirian. Berdasarkan rekaman di dalam kamera CCTV, AR dibantu oleh seorang wanita yang kini masih buron.

"Kita berhasil tangkap satu pelaku yang biasa mencuri kendaraan motor. Dia berinisial AR (25)," kata Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasatreskrim) AKBP Gunarto saat dikonfirmasi VOI, Selasa, 31 Mei.

Sementara seorang wanita rekan pelaku masih dalam pengejaran polisi. Identitas wanita tersebut sudah diketahui.

"Satu pelaku lagi inisial NO (23) seorang perempuan teman pelaku. Masih kita kejar," ujarnya.

Dari pengakuan tersangka AR kepada polisi, dirinya bersama NO melakukan pencurian motor di Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Tersangka AR ditangkap di rumahnya, Jalan Kedondong, RT 13/06, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Modus mereka, AR dan NK berkeliling mencari sasaran dengan berboncengan motor," katanya.

Ketika mendapatkan motor incarannya, AR langsung mengamati situasi lingkungan terlebih dahulu. Sekiranya situasi terlihat aman, AR turun dari motor yang dikendarai oleh NO. AR pun mendekati motor sasaran.

"Ketika dapat sasaran, AR langsung melakukan pencongkelan motor. Setelah motor berhasil dicongkel, kemudian langsung dibawa pelaku. Sedangkan NO membawa motor lainnya," papar Kasat.

Saat ini, polisi masih melakukan pendalaman terkait hubungan AR dengan NO (DPO) sejauh mana. Mengenai apakah keduanya merupakan suami istri, Kasat belum bisa memastikan. Pasalnya pelaku lainnya belum tertangkap sehingga belum bisa dipastikan keduanya apakah memiliki hubungan suami istri atau tidak.

"Yang jelas dari cara main mereka mencongkel motor itu merupakan spesialis," ujarnya.

Dari hasil kejahatan AR, polisi menyita hasil rekaman CCTV, motor Yamaha Mio dengan nopol B 6721 PSF milik korban dan satu motor Honda beat hitam dengan nopol B 3739 UWA yang digunakan pelaku.