Zulhas Ajak PKS Gabung Koalisi Indonesia Bersatu
Ketum PAN Zulkifli Hasan dalam acara Milad ke-20 PKS di Jakarta. (Foto: VOI/Diah Ayu Wardani)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) mengajak Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk bergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu yang digagas PAN, Golkar, dan PPP.

Hal ini disampaikan Zulhas saat dalam sambutannya di acara milad ke-20 PKS di Istora Senayan, Jakarta, pada hari ini.

"Kami (PAN), Golkar, dan PPP mencoba membuat Koalisi Indonesia Bersatu, ya. Maksudnya, mudah-mudahan PKS bisa bersama-sama," kata Zulhas, Minggu, 29 Mei.

Wakil Ketua MPR RI ini menuturkan bahwa tujuan pembentukan Koalisi Indonesia Bersatu dilatarbelakangi pengalaman pencalonan presiden pada Pemilu 2019 yang hanya memunculkan dua pasangan calon.

Sementara, koalisi ini menginginkan adanya poros baru yang bisa menghadirkan lebih dari dua capres-cawapres. Sebab, menurut Zulhas, dua paslon membuat suasana demokrasi tidak produktif dan menimbulkan polarisasi di masyarakat.

"Atmosfer kita kita akhir-akhir ini pengap dan tidak produktif. Mungkin salah satu sebabnyan pilpres kemarin itu hanya dua pasang. Karena pilpres cuma dua pasang, masing2 pendukung mati-matian membela kandidatnya dan meniadakan kandidat yang lain," ungkap Zulhas.

"Maksudnya, calonnya jangan dua lagi Pilpres besok. Kalau bisa tiga, syukur-syukur bisa lebih, untuk paling tidak mengurangi apa yang kita alami akhir-akhir ini, atmosfer yang pengap dan tidak produktif itu," lanjutnya.

Diketahui, Partai Golkar, PAN dan PPP sepakat membangun koalisi jelang Pemilu 2024 usai ketua umum ketiga partai itu menggelar pertemuan di Menteng, Jakarta pada Kamis, 12 Mei, malam.

Sempat tercetus Koalisi Bertiga Bersatu, nama koalisi Golkar, PAN dan PPP itu kini disebut sebagai Koalisi Indonesia Bersatu.

Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily, menjelaskan Koalisi Indonesia Bersatu diambil dari gabungan simbol Golkar, PAN dan PPP.

"BERingin lambangnya Golkar, SuryA (Matahari) lambangnya PAN, dan BaiTUllah (Kakbah) lambangnya PPP," ujar Ace di Jakarta, Jumat, 13 Mei.

Menurutnya, dengan pengalaman politik yang sama ketiga partai ini bersepakat untuk membangun Koalisi Indonesia Bersatu.

"Dengan visi partai yang dimilikinya dan berbagai pengalaman politik, kesemuanya bersepakat untuk menyatukan diri membangun koalisi yang disebut Koalisi Indonesia Bersatu," kata Ace.