Bukan untuk Anak-anak, LEGO Hadirkan Bata Mainan Lukisan Terkenal Karya Vincent van Gogh
Lego lukisan karya Vincent van Gogh. (Sumber: LEGO)

Bagikan:

JAKARTA - Ketika Museum of Modern Art (MoMA) New York membeli 'The Starry Night' dari seorang kolektor pribadi pada tahun 1941, lukisan itu tidak begitu dikenal.

Dalam 81 tahun sejak itu, mahakarya Vincent van Gogh telah menginspirasi segalanya, mulai dari single hit untuk penyanyi Don McLean pada tahun 1971 hingga barang dagangan yang diproduksi secara massal termasuk syal, payung, dan botol air.

Sekarang LEGO mulai beraksi, karena mengundang penggemar untuk mereproduksi sapuan kuas pelukis Belanda, dalam bentuk bata mainan.

Set 2.316 bata mainan, yang ditujukan untuk orang dewasa dan akan dijual seharga 169,99 dolar AS, dirancang oleh Truman Cheng (25) dari Hong Kong, melalui pengajuan pada platform Ide LEGO, yang mengambil desain yang diimpikan oleh penggemar, menempatkan mereka ke pemungutan suara publik dan mengubahnya menjadi kenyataan.

Selain lukisan maestro ini, ide pemenang lainnya yang muncul dari platform ini termasuk mesin tik yang berfungsi, rumah dari film 'Home Alone' dan adegan dari "Seinfeld."

Van Gogh terinspirasi untuk melukis 'Malam Berbintang' dengan pemandangan dari jendelanya di rumah sakit jiwa Biara Saint-Paul de Mausole di Saint-Rémy, Prancis, di mana ia menghabiskan 12 bulan antara tahun 1889 dan 1890, tahun di mana ia wafat.

Mahasiswa PhD, Cheng, mengatakan bahwa inspirasinya lahir dari bermain-main dengan LEGO dan memperhatikan, ketika dia mengatur batu bata secara acak, mereka menyerupai sapuan kuas khas Van Gogh.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh LEGO di situsnya, dia berkata: "Itu adalah permainan otak yang bagus untuk menghasilkan trik dan teknik untuk menangkap tampilan lukisan aslinya," melansir CNN 18 Mei.

"Sapuan kuas pergi ke banyak arah di bulan dan awan yang berputar-putar, jadi ada beberapa penggunaan elemen braket dan klip yang kreatif," tandasnya.

Terpisah, Sarah Suzuki, associate director MoMA, mengatakan dalam pernyataannya: "Di MoMA, kami merayakan kesempatan untuk menghubungkan seni dan penonton, dan sangat senang menjadi bagian dari cara baru untuk merasakan karya van Gogh, dan untuk menginspirasi dorongan kreatif dalam orang dari segala usia."

Berbicara tentang keputusan untuk mengubah desain menjadi satu set LEGO, Federico Begher, kepala pemasaran global di perusahaan mainan, mengatakan: "Desain Truman adalah mahakarya tersendiri, menunjukkan berapa banyak elemen dan teknik LEGO yang berbeda dapat digunakan untuk meniru lukisan ikonik van Gogh."

Sehubungan dengan perilisannya, LEGO telah meluncurkan kompetisi bagi para penggemar untuk mengirimkan mini-build mereka sendiri yang terinspirasi oleh langit malam. Desain pemenang akan menjadi bagian dari instalasi yang ditampilkan di lobi di MoMA musim panas ini.

Untuk diketahui, set LEGO ini untuk tahap awal akan tersedia untuk anggota VIP MoMA dan LEGO mulai 25 Mei, sebelum dijual secara umum seminggu kemudian.