Bagikan:

JAKARTA - Sebuah lukisan karya Vincent van Gogh yang dicuri dari museum kecil di Belanda selama karantina pandemi COVID-19 tahun 2020 lalu berhasil ditemukan kembali, kata Museum Groninger yang memiliki karya seni tersebut.

"Kami memiliki kabar baik yang luar biasa. Lukisan 'Spring Garden' telah kembali ke Museum Groninger tiga setengah tahun setelah pencurian," kata museum itu dalam sebuah pernyataan, melansir Reuters 13 September.

Lukisan berjudul lengkap 'Spring Garden, The Personage Garden at Nuenen in Spring' yang dibuat tahun 1884 itu dicuri dari Museum Singer Laren, sebelah timur Amsterdam, di mana lukisan itu dipinjamkan untuk sebuah pameran.

Pencurian terjadi saat penguncian pandemi COVID-19. Polisi Belanda merilis rekaman keamanan yang menunjukkan saat pencuri masuk ke Museum Singer Laren pada tanggal 30 Maret 2920, memecahkan pintu kaca, untuk mencuri lukisan tersebut.

Karya seni tersebut menggambarkan taman rumah pendeta di Nuenen, kota kecil di Belanda tempat orang tua van Gogh tinggal.

lukisan van gogh
Lukisan 'Spring Garden, The Personage Garden at Nuenen in Spring karya Vincent van Gogh. (Sumber: Gronginger Museum/Marten de Leeuw)

"Lukisan itu rusak, tetapi, pada pandangan pertama, lukisan itu dalam kondisi yang baik," kata Museum Groninger, seraya menambahkan lukisan itu sekarang berada di Museum van Gogh Amsterdam, membutuhkan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk dikembalikan.

"Polisi telah terlibat erat dalam semua fase (pengembalian lukisan). Museum tidak dapat mengomentari penyelidikan yang sedang berlangsung," sebut pihak museum.

Ditambahkan pihak museum, Arthur Brand, detektif seni terkemuka Belanda, telah memainkan "peran kunci" dalam keseluruhan proses tersebut.

Seorang tersangka sudah ditangkap dan divonis bersalah oleh polisi pada tahun 2021, seperti melansir situs Groninger Museum.

"Museum Groninger sangat senang dan lega karena karya seninya telah kembali. Kami sangat berterima kasih kepada rekan-rekan kami di Amsterdam atas keramahtamahannya. Atas nama seluruh staf kami, seluruh warga Groningen dan pengunjung, kami sangat berterima kasih kepada semua orang yang berkontribusi terhadap hasil yang baik ini," jelas Direktur Museum Groninger Andreas Blühm.

Diketahui, Lukisan tersebut satu-satunya karya Vincent van Gogh dalam koleksi Museum Groninger. Lukisan itu telah menjadi koleksi pribadi di Groningen sejak awal abad ke-20 dan disumbangkan ke Pemerintah Kota Groningen pada tahun 1962.