Jelang Misa Kenaikan Isa Almasih, Polres Sukoharjo Bawa Metal Detektor Sterilisasi 10 Gereja dari Benda Berbahaya
Sejumlah polisi saat melakukan sterilisasi memakai detektor logam menyisir di dalam gedung Gereja Kristen Jawa Kecamatan Baki Sukoharjo, Jawa Tengah (Via ANTARA)

Bagikan:

SUKOHARJO - Polres Sukoharjo di Jawa Tengah, melaksanakan sterilisasi 10 gereja dengan menggunakan detektor logam untuk menjamin keamanan menjelang misa dan kebaktian Kenaikan Yesus Kristus.

Sejumlah petugas dengan membawa alat metal detektor dan senter masuk melakukan sterilisasi di Gereja Kristen Jawa (GKJ) Kecamatan Baki Sukoharjo, menyisir mulai dari dalam gereja hingga halaman sebelum para jemaah kebaktian Kenaikan Yesus Kristus.

Menurut Kaur Bin Operasional (KBO) Satuan Samapta Polres Sukoharjo, Inspektur Polisi Satu Haris Mutakin, sterilisasi untuk memastikan tidak ada benda mencurigakan dan membahayakan. 

"Baik di lingkungan luar maupun dalam gereja-gereja," jelasnya di Sukoharjo dilansir dari Antara, Rabu, 25 Mei.

Sementara itu, Kepala Polres Sukoharjo, AKBP Wahyu N Setyawan mengatakan, sterilisasi menjelang misa dan kebaktian Kenaikan Yesus Kristus untuk memastikan keamanan dan kenyamanan bagi jemaat gereja.

"Ada 10 gereja yang dilakukan sterilisasi. Gereja itu yang memiliki jemaah lebih dari 100 orang. Kami akan menurunkan sekitar 240 personel saat peringatan Kenaikan Isa Almasih," kata dia.

Ia bilang, polisi siap memberikan pelayanan pengamanan selama peringatan Kenaikan Yesus Kristus bagi umat Kristiani di Kabupaten Sukoharjo, dan ada polisi berjaga di setiap gereja.

"Proses pengamanan di setiap gereja akan dilakukan secara terbuka maupun tertutup. Kami juga akan bersinergi dengan TNI dan pemerintah daerah," kata dia.

Sementara Heriyanto selaku salah satu mengurus di GKJ Kecamatan Baki Sukoharjo menyampaikan ucapan terima kasih kepada Polres Sukoharjo.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Polri yang telah melaksanakan sterilisasi gereja jelang peringatan Kenaikan Yesus Kristus. Semoga kegiatan nanti dapat berjalan dengan aman dan lancar," kata ucapnya.