Brimob Polda Bali Sterilkan Gereja di Denpasar-Badung saat Jumat Agung
Kepala Kepolisian Resor Kota Denpasar Komisaris Besar Polisi Bambang Yugo Pamungkas melakukan pengecekan pengamanan di Gereja Paroki Roh Kudus Katedral Denpasar, Bali, Jumat (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Personel Unit Penjinak Bom (Jibom) Brimob Kepolisian Daerah Bali melakukan sterilisasi di areal gereja di daerah Denpasar dan Badung Bali untuk mencegah adanya potensi ancaman dalam rangka memperingati Jumat Agung Wafat Isa Almasih, Jumat.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Bali Kombes. Pol Stefanus Satake Bayu Setianto mengatakan sterilisasi tersebut dilakukan guna menjamin keamanan dan kelancaran pelaksanaan ibadah Jumat Agung Wafat Isa Almasih.

"Selama pelaksanaan sterilisasi tidak ditemukan adanya barang atau bahan-bahan yang dicurigai” katanya dikutip Antara.

Satake mengatakan keamanan dan keselamatan umat Kristiani yang beribadah dalam rangka memperingati Jumat Agung Wafat Isa Almasih merupakan tindakan prioritas demi untuk menciptakan perasaan aman dan nyaman saat beribadah.

Dalam pelaksanaannya, Unit Jibom Polda Bali yang dipimpin masing-masing Padal diantaranya Ipda Putu Brahma Wira Pratama yang bertugas memimpin sterilisasi di Gereja Katolik Paroki Roh Kudus Katedral Denpasar, Renon dan Ipda Joko Santoso yang bertugas memimpin sterilisasi di Gereja St. Fransiskus Xaverius, Kuta.

Adapun peralatan yang digunakan selama giat sterilisasi adalah hand mirror, hand metal detector, dan RIIDEye X.

Sementara itu, Kapolresta Denpasar Kombes. Pol Bambang Yugo Pamungkas, Jumat pagi juga melakukan pengecekan kesiapan pengamanan di sejumlah gereja yang ada di wilayah Hukum Polresta yang akan melaksanakan kegiatan ibadah Jum'at Agung.

"Kami hadir di tengah masyarakat memberikan pelayanan keamanan kegiatan masyarakat salah satunya hari ini perayaan Jumat Agung umat Kristiani," kata dia.

Gereja pertama yang didatangi Kapolresta yaitu Gereja Katedral Denpasar di Jalan Tukad Musi, Denpasar dimana sejak pukul 09.00 WITA umat sudah memulai Ibadah Jum'at Agung.

Selanjutnya Kapolresta juga mengecek pengamanan ibadah di Gereja Betani yang terletak di Jalan Teuku Umar, Denpasar.

"Untuk gereja di wilayah hukum Polresta Denpasar yang akan menggelar ibadah rangkaian hari Paskah sejumlah 82 gereja, sedangkan untuk perayaan Jumat Agung, Polresta menerjunkan 367 personel," kata Kapolresta Denpasar saat melakukan pengecekan didampingi Kapolsek Dentim Kompol I Nengah Sudiarta.

Bambang Yugo mengatakan personel akan disebar mengamankan gereja, Polresta juga dibantu personel TNI Kodim 1611/Badung, Sat Brimobda, personel Polda Bali, pecalang dan dari unsur pengamanan intern Gereja.

"Kami mengelar pengamanan dengan optimal dan memastikan kegiatan ibadah Jum'at Agung berjalan dengan aman dan lancar di wilayah Denpasar," kata Kombes Bambang.