Bocah Bayi Diduga Dibuang Orang Tuanya Dititipkan Polisi di RS Bhayangkara Palembang
Bayi diduga dibuang orang tua kandungnya di halaman rumah warga di Palembang. (Antara)

Bagikan:

SUMSEL - Bocah bayi laki-laki yang diduga dibuang orang tua kandungnya di halaman rumah warga kini dititipkan anggota Polsek Ilir Timur II Palembang di rumah sakit (RS).

"Bayi yang ditemukan warga itu kami serahkan dan titipkan ke Rumah Sakit Bhayangkara Mohamad Hasan guna perawatan intensif,” kata Kepala Polsek Ilir Timur II Palembang Kompol Fadilah Ermi di Palembang, dikutip dari Antara, Selasa 24 Mei.

Menurut Fadilah, bocah bayi laki-laki tersebut ditemukan oleh Rumanto (55), warga Jalan Setunggal, Kelurahan 8 Ilir, pada Selasa 24 Mei dini hari tadi, sekitar pukul 00.00 WIB.

“Penemuan ini dari laporan warga bermula saat saksi (Rukmanto) mendengar suara tangisan bayi di depan teras rumahnya malam tadi,” kata dia.

Menurut pengakuan saksi, kata dia, dia curiga dengan suara bayi pada malam itu kemudian bergegas mengecek keluar rumah.

Dari pengecekan itu saksi menemukan bayi tersebut diletakkan di atas kursi di teras rumah dengan tubuh dibalut pakaian dan kain "bedongan".

"Dari penemuan itu mereka langsung menghubungi petugas Babinkamtibmas kami dan langsung diproses," imbuhnya.

Menurut keterangan dokter di Rumah Sakit Bhayangkara Palembang bayi laki-laki tersebut berusia diperkirakan 3 hari dan dalam keadaan sehat.

Sementara itu, saksi Syamsiah, istri dari Rumanto, mengaku saat ditemukan bayi laki-laki malang tersebut ditinggalkan begitu saja di teras rumahnya beserta popok, botol susu, dan sejumlah uang.

"Tega sekali orang tua itu meninggalkan bayi ini. Bayinya sehat dan ganteng sekali, banyak orang yang mau mengasuhnya, tapi karena tidak mau terjadi kesalahan, kami lapor ke Pak RW lalu diserahkan ke polisi," tandasnya.