Bagikan:

 JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beserta jajaran Pemprov DKI akan menggelar perayaan HUT ke-495 Kota Jakarta pada tahun ini. Perayaan HUT DKI ini diselenggarakan secara meriah setelah dua tahun digelar secara virtual karena pandemi COVID-19.

Perayaan bertajuk "Jakarta Hajatan" dengan tema "Kolaborasi, Akselarasi, dan Elevasi" ini akan digelar dalam beberapa rangkaian acara pada tanggal 24 Mei hingga puncak acara 25 Juni 2022.

Sekretaris Daerah DKI Marullah menjabarkan, rangkaian perayaan Jakarta Hajatan ke-495 akan dibuka dengan Pencanangan Jakarta Hajatan ke-495 (Opening Ceremony: Jakarta’s 495th Anniversary Celebration & Digital Nomad Island Launching) oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu pada Selasa, 24 Mei 2022.

"Acara pembukaan ini akan diisi diskusi Jakarta Hajatan ke-495 dan Digital Nomad Island bersama tokoh publik dunia. Untuk pertama kalinya, pencanangan ini akan dilakukan di Kepulauan Seribu," kata Marullah di Balai Kota DKI, Senin, 23 Mei.

Rangkaian acara Jakarta Hajatan ke-495 juga diisi dengan berbagai acara yakni, Jakarta Weekend Walking, Cycling and Running Tour, Jakarta International Java Jazz, Upacara Ziarah Taman Makam Pahlawan, Upacara Peringatan HUT Ke-495 Kota Jakarta, +Jakarta Concert di Taman Ismail Marzuki (TIM), Pekan Kolaborasi Daerah.

Balapan Formula E di Ancol pada 4 Juni juga masuk dalam rangkaian acara Jakarta Hajatan. Kemudian, ada juga acara +Jakarta Awards & Malam Resepsi, serta pagelaran dan perayaan lainnya, seperti aktivasi mural wilayah, instalasi, pertunjukkan musik, pameran, hingga acara rutin, yakni Upacara dan Sidang Paripurna DPRD.

Jakarta Hajatan ke-495 akan ditutup dengan Closing Ceremony bersamaan dengan Grand Launching Jakarta International Stadium pada 25 Juni 2022.

Sejumlah penyanyi ternama direncanakan hadir untuk turut menyemarakkan acara ini. Salah satunya, musisi internasional yang akan hadir adalah Niki dan Rich Brian. Kedua penyanyi asal Indonesia ini masuk dalam label musik asal Amerika Serikat, yakni 88rising.

Selain Niki dan Rich Brian, grand launching JIS juga akan dimeriahkan oleh penyanyi Raisa Andriana, Rizky Febian, Isyana Sarasvati, Gamaliel, Marion Jola, serta Boy William sebagai pemandu acara atau MC.

Dalam grand launching stadion bertaraf internasional ini, Pemprov DKI juga akan menghadirkan klub sepak bola Persija dengan kick off perdana oleh Bambang Pamungkas.

Selain itu, Anies juga akan memberikan sambutan dalam grand launching JIS yang juga merupakan penutup perayaan Jakarta Hajatan, beberapa pagelaran kebudayaan, hingga pesta kembang api.

Marullah mengungkapkan,perayaan Jakarta Hajatan ini bisa menjadi bukti untuk seluruh elemen di kota, maupun dunia atas ragam usaha yang telah, sedang,dan akan terus dilakukan Jakarta ke depan. Sekaligus merefleksikan kembali semangat kolaborasi yang sudah didengungkan selama 5 tahun ke belakang.

“Hal tersebut dilakukan dengan dasar semangat kolaborasi sebagai identitas kota Jakarta, semangat mendorong pertumbuhan guna menghadapi ragam isu global untuk mewujudkan visi mengelevasi warga, maupun kota di tingkat global,” imbuhnya.