Lampu Jakarta International Stadium Bisa Ikuti Ritme Musik Saat Konser
Pengelolaan Aset Jakpro Gunung Kartiko (pertama kiri) dan Direktur Proyek JIS Iwan Takwin (kedua kanan) berdiri di bawah sorot lampu Jakarta International Stadium (JIS) Jakarta Utara (Abdu Faisal/Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Direktur Pengelolaan Aset PT Jakarta Propertindo (Perseroda) Gunung Kartiko mengatakan lampu di Jakarta International Stadium (JIS) memiliki keunggulan bisa mengikuti ritme suara saat konser musik.

"Jadi tidak hanya terang, tapi bisa mengikuti irama sesuai program yang kita buat," kata Gunung di lapangan utama JIS, Jakarta Utara, Sabtu, 11 Desember.

Pada uji coba lampu di JIS, dengan menampilkan vokalis grup musik Padi, Andi Fadly atau Fadly Padi, bernyanyi menghibur penonton, yang didominasi oleh sejumlah karyawan Jakpro dan pekerja proyek JIS, yang bekerja di dalam stadion, cahaya lampu bisa mengikuti ritme suara.

Hadir juga pada uji coba lampu tersebut, antara lain, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Direktur Proyek JIS Iwan Takwin dan jajaran direksi Jakpro lainnya. Mereka tampak duduk bersila di hamparan rumput lapangan utama.

"Alhamdulillah, uji coba lampu berhasil. Lampu bisa mengikuti ritme suara," katanya.

Menurut Gunung, saat ini lampu yang terpasang di dalam stadion belum semuanya. Masih ada beberapa lampu yang belum terpasang.

Jakpro selaku pelaksana proyek JIS juga menguji coba kekuatan sistem audio di dalam stadion. Beberapa jenis suara musik, baik suara yang terendah (bass), yang tertinggi (treble), diuji coba.

Ujicoba sistem audio dan pencahayaan JIS tersebut adalah yang kedua, di mana saat itu Anies mengatakan, ingin merasakan sendiri bagaimana sistem audio dan pencahayaan di dalam JIS berfungsi secara baik.

"Sejauh ini tampaknya baik, dan mungkin nanti akan menjadi salah satu rujukan sebuah tempat dengan sistem pencahayaan dan sistem suara yang luar biasa," kata Anies.

JIS meskipun dirancang sesuai standar pertandingan sepakbola FIFA, juga dicanangkan sebagai arena yang dapat difungsikan untuk berbagai even, termasuk konser musik.

Menurut Gunung Kartiko, Jakpro sedang menjadwalkan aktivasi kegiatan selain sepakbola di stadion tersebut setiap bulan mulai tahun depan.

"Selain sepak bola, akan ada konser musik baik artis lokal maupun internasional. Diharapkan akhir Maret 2022 sudah siap. Insya Allah pada April, kami bisa grand launching," kata Gunung.Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Perseroda) Widi Amanasto (kedua kiri) bersama Direktur