Seluruh Jemaah Haji Babel yang Berangkat ke Makkah 2022 Sudah Divaksin COVID-19 Dosis Lengkap
Wukuf di Arafah bagian dari ibadah Haji pada Juli 2021. (Antara/Reuters)

Bagikan:

BABEL - Seluruh calon jemaah haji Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci tahun 2022 sudah mendapat vaksinasi COVID-19 dosis lengkap.

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyampaikan dosis lengkap yaitu vaksin dosis pertama COVID-19 dan kedua.

"Semua calhaj (calon haji) sudah divaksin lengkap, karena itu syarat keberangkatan jemaah ke Tanah Suci Makkah," kata Sekretaris Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Senin 23 Mei.

Ia mengatakan, pemerintah daerah juga mendorong anggota jemaah haji yang sudah mendapat vaksinasi COVID-19 lengkap menjalani vaksinasi dosis ketiga atau vaksinasi penguat.

"Kami terus mendorong jemaah untuk mengikuti vaksinasi ketiga atau booster untuk memperkuat ketahanan tubuh mereka terhadap (serangan) virus corona," katanya.

Berdasarkan laporan Antara, Pemerintah Indonesia pada tahun 2022 mendapat kuota memberangkatkan 100.051 orang untuk berhaji ke Tanah Suci Mekkah. Kuota tersebut meliputi kuota haji reguler (92.825 orang) dan kuota haji khusus (7.226 orang).

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menurut data Kementerian Agama mendapat jatah memberangkatkan 486 orang berhaji pada 2022.