Sudah Lunas BPIH, 2.029 Jemaah Haji Sumbar Berangkat ke Makkah 2022
Ilustrasi ibadah haji. (Antaranews)

Bagikan:

SUMBAR - Sebanyak 2.029 calon haji di Sumatera Barat (Sumbar) akan berangkat ke Makkah pada tahun 2022. Jumlah itu 97 persen dari total jemaah Sumbar.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Sumbar Joben mengatakan mereka yang berangkat tahun ini dipastikan telah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) 2022.

"Hingga saat ini tinggal 64 orang yang belum melunasi dan melakukan konfirmasi keberangkatan dari total 2.093 orang yang akan diberangkatkan," katanya di Padang, dikutip Antara, Selasa 17 Mei.

Menurut dia, jemaah yang melakukan konfirmasi pelunasan sebanyak 2.029 orang tersebut sudah termasuk calon jemaah haji cadangan yang sudah menandatangani surat pernyataan sebagai mana lampiran keputusan Dirjen Nomor 157 tahun 2022.

"Mudah-mudahan dalam beberapa hari ini hingga 20 Mei 2022 semua calon jemaah haji sudah melakukan konfirmasi pelunasan. Jika sudah melakukan pelunasan secara otomatis sudah vaksin COVID-19. Karena salah satu syarat pelunasan adalah vaksin dosis pertama," kata dia.

Ia memaparkan persyaratan untuk konfirmasi pelunasan dan pembayaran biaya haji regular diantaranya, pertama telah melunasi biaya perjalanan ibadah haji 2020.

Kedua, berusia paling tinggi 65 tahun 0 bulan per tanggal 30 Juni 2022 sesuai dengan urutan nomor porsi.

Ketiga, belum pernah menunaikan ibadah haji atau sudah pernah menunaikan haji paling singkat 10 tahun sejak menunaikan haji terakhir.

Keempat, berusia paling rendah 18 tahun per tanggal 4 Juni 2022 atau sudah menikah. Kelima jamaah haji paling sedikit telah melakukan vaksin COVID-19 dosis pertama.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Barat Helmi mengapresiasi calon haji yang sudah melakukan pelunasan dan konfirmasi keberangkatan.

"Ini membuktikan bahwa calon jemaah haji Sumatera Barat memiliki semangat yang tinggi untuk melaksanakan ibadah ke tanah suci. Mudah-mudahan ini menjadi langkah awal bagi untuk kelancaran dan kesuksesan dalam menjalankan ibadah haji," kata dia.

Kakanwil meminta calon jemaah haji Sumatera Barat segera melengkapi vaksin COVID-19, karena menjadi syarat harus dipenuhi sesuai dengan ketentuan Pemerintah Arab Saudi.

Ia juga berharap dan berdoa calon jamaah haji Sumatera Barat tetap menjaga kesehatan, dan mengurangi mobilitas sebelum berangkat ke Tanah Suci, tetap mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, dan mengurangi mobilitas.