Dengar Keluhan Budayawan, KSP Moeldoko: Sekuat Tenaga, Kami akan Respons Permasalahan yang Ada
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko/Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, mengatakan, pemerintah akan terus memberikan perhatian kepada isu kesejahteraan para seniman dan budayawan Indonesia. KSP akan berupaya sekuat tenaga untuk mencarikan solusi atas permasalahan yang disampaikan para seniman dan budayawan.

"KSP akan memastikan kebijakan dan peraturan pemerintah bisa berjalan tanpa hambatan di lapangan. Dalam hal ini, barang-barang seni yang terkendala pengirimannya dan tertahan di wilayah perbatasan, bisa jadi ini persoalan oknum," kata Moeldoko, seperti dikutip Antara, Minggu, 22 Mei.

"Kami akan panggil Dirjen dari Kementerian/Lembaga terkait dan kita akan duduk bersama mencari solusinya. Sekuat tenaga, kami akan merespons permasalahan yang ada di publik," lanjutnya.

Salah satu bentuk perhatian lain dari pemerintah kepada para seniman adalah dengan menjadikan anjungan-anjungan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sebagai ruang ekspresi dan apresiasi bagi karya seni anak bangsa. Terutama setelah melewati dua tahun pandemi yang membatasi ruang ekspresi.

Moeldoko berharap revitalisasi TMII yang sedang berlangsung akan memberikan angin segar bagi para seniman dan budayawan Indonesia.

"Pemerintah sedang berupaya bagaimana caranya membuat TMII menjadi area publik dengan warna baru. Barangnya lama tapi fungsinya disesuaikan dengan kebutuhan saat ini. Salah satunya mengakomodir ruang ekspresi bagi para seniman dan budayawan Indonesia," kata Moeldoko.

TMII sendiri merupakan aset penting untuk mengajarkan kepada generasi penerus mengenai budaya, seni, dan beragamnya Indonesia. Oleh karenanya, pengambilalihan aset TMII dari pihak swasta ke pemerintah sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 19 Tahun 2021 sudah tepat dilakukan.

Sementara itu, budayawan kondang, Butet Kartaredjasa, meyakini KSP Moeldoko mampu menyelesaikan masalah yang kini dihadapi seniman. Satu di antaranya kendala teknis di lapangan.

"Namun kami yakin Pak Moeldoko selaku Kepala Staf Kepresidenan bisa membantu meringankan beban dan masalah kawan-kawan seniman," kata Butet.

Adapun salah satu hal yang dikeluhkan para budayawan kepada Moeldoko adalah terkait tata niaga pengiriman barang-barang seni dari dan ke luar negeri yang sering tersendat dan mengalami banyak kendala, utamanya di wilayah perbatasan.

Kesulitan ini pun berdampak pada aktivitas para seniman dan kurator yang sering kali menggelar pameran seni di luar negeri atau mendatangkan karya- karya seni dari luar negeri.