Kalahkan Amerika Serikat hingga Jepang, Paspor Lebanon dan Suriah Menjadi yang Termahal di Dunia
Ilustrasi. (Pixabay/JoshuaWoroniecki)

Bagikan:

JAKARTA - Biaya paspor yang digunakan untuk melakukan perjalanan internasional ke luar negeri, menjadi salah satu objek pertanyaan calon pelancong, dengan biaya pembuatan pertama dan perpanjangan biasanya berbeda.

Menariknya, paspor termahal di dunia bukanlah paspor yang terkuat, demikian sebaliknya. Diketahui, paspor terkuat biasanya berdasarkan pada penerimaan perjalanan bebas visa, hingga kemudahan mendapatkan kewarganegaraan ganda dan kebebasan personal.

Misalnya, melansir Daily Sabah 16 Mei, paspor Inggris diketahui berharga sekitar 95 dolar AS. Menurut laporan CNN, harga untuk paspor dewasa dengan masa berlaku 10 tahun rata-rata berharga mulai dari 100 dolar AS hingga 160 dolar AS.

Di sisi lain, paspor Amerika Serikat berharga 165 dolar AS untuk pembuatan pertama kali. Sedangkan biaya pembaruan paspor mencapai 130 dolar AS. Sementara di Swiss, harga pembuatan paspor di sana sekitar 150 dolar AS.

Sementara untuk harga paspor di Jepang dan Selandia Baru, berkisar 125 dolar atau masing-masing setara dengan 16 ribu yen Jepang dan 191 dolar Selandia Baru.

Terpisah di Meksiko, negara di bagian selatan Amerika Utara, biaya pembuatan paspor mencapai 170 dolar AS. Pada tahun 2021, Menteri Luar Negeri Marcelo Ebrard mengumumkan paspor elektronik yang menyimpan informasi pemegang dalam sebuah chip.

ilustrasi paspor
Ilustrasi paspor. (Pixabay/jackmac34)

Adapun paspor Liechtenstein, negara kerajaan Eropa Barat yang terletak di antara Swiss dan Austria, berharga sekitar 260 dolar AS. Ini adalah salah satu negara terkecil di dunia namun membutuhkan anggaran yang besar.

Paspor Kuba, yang memfasilitasi perjalanan internasional, berbeda dari yang ada dalam daftar. Paspor baru, yang harganya 2.500 peso Kuba (sekitar 105 dolar AS), berlaku selama enam tahun, namun harus diperpanjang setiap dua tahun. Setiap proses perpanjangan berarti 500 peso selain edisi pertama. Jika prosesnya diperpanjang hingga 10 tahun, biaya paspor Kuba mencapai 6.500 peso.

Untuk memperbarui paspor mereka, warga Australia harus membayar 308 dolar Australia atau setara 220 dolar AS. Jika mereka tinggal di luar negeri, total biaya naik menjadi 336 dolar Australia karena biaya tambahan pemrosesan di luar negeri.

Bagaimana dengan Turki? Di Turki, biaya 96.11 dolar AS harus dibayarkan untuk paspor 4-10 tahun.

Yang menarik adalah paspor Suriah. Kendati sedikit kurang kuat dalam hal 'membuka gerbang' negara lain, paspor negara ini menjadi salah satu yang termahal di dunia. Ekspatriat Suriah dapat mengharapkan untuk membayar 300 dolar AS untuk paspor baru, yang berlaku selama enam tahun. Memegang paspor Suriah selama 10 tahun kira-kira berharga 600 dolar AS.

Lantas, negara mana yang paspornya termahal di dunia? Lebanon jawabnya. Terletak di garis pantai Laut Mediterania Timur, paspor Lebanon berada di urutan teratas dengan harga sekitar 795 dolar AS, bagi warganya untuk memperbarui paspor mereka. Menariknya, ekspatriat membayar 200 dolar AS lebih sedikit dibandingkan dengan warga lokal.