Bukan Amerika Serikat atau Inggris, Dua Negara Asia Ini Puncaki Daftar Paspor Paling Kuat Tahun 2022
Ilustrasi paspor. (Unsplash/mana5280)

Bagikan:

JAKARTA - Tidak ada negara yang dijamin masuk ke setiap negara, tetapi mobilitas global yang meningkat memungkinkan mereka yang berada di posisi teratas menjadi sangat dekat.

Tidak mengherankan bahwa lebih banyak orang yang melamar kewarganegaraan ganda daripada sebelumnya. Total ada 227 tujuan perjalanan berbeda di seluruh dunia yang memerlukan paspor untuk memasuki perbatasan.

Data yang dikumpulkan oleh Henley Passport Index memberikan gambaran yang menarik tentang keadaan perjalanan masa depan, melihat gambaran yang lebih besar tentang siapa yang diizinkan di mana dan mengapa di dunia pasca-pandemi.

Indeks tersebut menggunakan informasi dari International Air Transport Association (IATA), untuk menghitung berapa banyak tujuan perjalanan yang dapat diakses oleh 199 paspor yang ada di seluruh dunia.

Ini didefinisikan sebagai tujuan yang memungkinkan masuk bebas visa atau visa pada saat kedatangan, daripada proses pemeriksaan yang lebih panjang dan lebih rumit.

Ketika negara-negara mulai membuka kembali, penjualan liburan sedang booming. Tetapi negara mana yang memegang kunci untuk sebanyak mungkin pilihan perjalanan?

Berikut adalah lima negara teratas untuk tahun 2022.

  1. Irlandia dan Portugal (187 negara)
  2. Swedia, Belanda, Prancis, Denmark dan Austria (188 negara)
  3. Spanyol, Luksemburg, Italia dan Finlandia (189 negara)
  4. Korea Selatan dan Jerman (190 negara)
  5. Jepang dan Singapura (192 negara)

Dari peringkat di atas, paspor dua negara adidaya, Inggris dan Amerika tidak menempati posisi paling atas, terbukti tidak sekuat yang dulu diperkirakan banyak orang.

Bersama Swiss, Norwegia, Selandia Baru dan Belgia, mereka berada di peringkat keenam, terus menurun sejak keduanya berada di puncak daftar pada tahun 2014 silam.

ilustrasi paspor
Ilustrasi paspor. (Unsplash/Nicole Geri)

Tidak ada alasan pasti mengapa, tetapi itu bisa menjadi dampak dari adopsi yang semakin meningkat, sentimen anti-imigrasi oleh pemerintah masing-masing. Artinya, berbagai destinasi Eropa telah mengokohkan posisinya di atas Inggris dan Amerika Serikat.

Banyak negara Asia telah melonjak di seluruh indeks sejak dimulai pada tahun 2006. Jepang mempertahankan posisinya sebagai paspor terkuat di dunia, mencerminkan bagaimana negara tersebut berkembang dari globalisasi.

Sementara, beberapa negara belum mengalami nasib baik termasuk Suriah, Afghanistan dan Irak, yang paspornya memungkinkan masuk ke kurang dari 30 tujuan.

Indeks tahun ini menunjukkan "kesenjangan kebebasan perjalanan" berada pada titik tertinggi sepanjang masa. Ini diukur dengan perbedaan, antara negara dengan kinerja tertinggi dan terendah dalam indeks.

Akses tujuan masing-masing Jepang dan Singapura adalah 166 negara raksasa lebih besar dari akses tujuan yang bisa dicapai dengan paspor Afghanistan.

Penelitian sebelumnya dari London School of Economics menggemakan hal ini, sementara paruh kedua abad ke-20 adalah waktu yang tepat untuk pembebasan visa dan memperluas jaringan perjalanan, ada pemenang dan pecundang di bawah sistem ini yang terus terkena dampaknya hingga hari ini.

Untuk diketahui, beberapa alasan untuk ini dapat diperburuk oleh peristiwa tahun lalu, termasuk pandemi dan krisis politik yang sedang berlangsung.